Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PLN Distribusi Lampung yang Berhasil Raih SNI Award

  • Selasa, 12 Desember 2017
  • Prasetyo Nugroho
  • 561 kali

 

Dalam rangka meningkatkan daya saing suatu bangsa, telah terbukti di banyak negara Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian menjadi piranti yang handal. Oleh karena itu, upaya penerapan standardisasi di berbagai industri, lembaga dan organisasi menjadi sangat penting. Banyak kisah sukses menunjukan dengan penerapan Standar Nasional Indonesia/SNI tidak saja mereka lebih kompetitif tetapi juga mampu melakukan lompatan kemajuan. Apabila penerapan standardisasi berjalan semakin lebih masif maka kita meyakini Indonesia akan dapat mengejar ketinggalannya dan menjadi negara maju dalam waktu yang tidak terlalu lama. Berkenaan dengan hal tersebut pemerintah memberikan dorongan yang lebih kuat agar penerapan standar menjadi arus utama di lingkungan pelaku usaha, lembaga dan organisasi baik swasta maupun pemerintah.

Salah satu upaya yang dilakukan Badan Standardisasi Nasional (BSN) adalah dengan memberikan penghargaan kepada organisasi/perusahaan yang dinilai paling baik dan konsisten dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI), SNI AWARD. “SNI Award sudah dilaksanakan sejak tahun 2005 dan salah satu perusahaan yang telah menerima SNI Award adalah PT. PLN Distribusi Lampung. Perusahaan ini meraih SNI Award pada tahun 2016 dan 2017”, ujar Kepala Bagian Humas BSN Titin Resmiatin bersama media lokal wilayah Lampung saat berkunjung ke kantor PLN Distribusi Lampung, jalan Zainal Abidin Pagar Alam No.5, Rajabasa, Kota Bandar Lampung.

SNI Award, lanjut Titin, merupakan apresiasi tertinggi dari Pemerintah kepada Perusahaan/organisasi yang konsisten dan komitmen dalam menerapkan SNI serta mempunyai kinerja yang sangat baik. “Pada tahun ini, sebanyak 126 organisasi/perusahaan yang mendaftar. Dari jumlah tersebut lolos sampai tahap onsite atau kunjungan lapangan sebanyak 57 organisasi/perusahaan. Pada tahap berikutnya, penilaian oleh dewan juri, ditetapkan 50 organisasi/perusahaan sebagai penerima SNI Award,” jelas Titin. PLN Distribusi Lampung adalah salah satu penerima SNI Award kategori emas.

Manajer Perencanaan PT. PLN Distribusi Lampung Agustian M, pada kesempatan tersebut menyatakan dukungannya pada kegiatan SNI Award. Bagi PLN, SNI Award tidak hanya sekedar pemberian penghargaan, namun ini adalah bagian dari simbol pembuktian komitmen PT. PLN Distrubusi Lampung dalam menjaga kualitas produk baik barang maupun jasa layanannya. “Dengan meraih SNI Award 2 tahun berturut-turut, kami semakin percaya diri untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan,”ujar Agustian.

Berdasarkan data terakhir (per September 2017), Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan SNI sejumlah 11.385 dan jumlah SNI yang telah diwajibkan oleh instansi terkait sejumlah 205 SNI. Dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 600 SNI ketenagalistrikan yang telah ditetapkan oleh BSN yaitu: SNI Pembangkitan listrik (Turbin, Generator dll); SNI Penyaluran Listrik (Transmisi AC, Trasmisi TT AC/DC, Transformator Daya dll); SNI Distribusi tenaga listrik (Transformator distribusi, alat pembatas dan pemutus/APP, KWh Meter dll); SNI pemasangan instalasi (PUIL).

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PLN Lampung telah menunjukkan komitmennya dalam menerapkan SNI sehingga layak untuk dijadikan role model dan dipublikasikan ke media massa, sebagai inspirasi bagi perusahaan/organisasi lain untuk tergerak menerapkan SNI,” ujar Titin. (dnw/nda)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat