Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Laporan dari Filipina: Hasil Sidang ke-18 ACCSQ - TFBC

  • Rabu, 01 November 2017
  • Prasetyo Nugroho
  • 881 kali

ASEAN Consultative Committee on Standards and Quality (ACCSQ) menyelenggarakan Sidang ke-18 ACCSQ –Task Force on Building and Construction (TFBC) pada hari Senin, 30 Oktober 2017 di Manila, Filipina. Pertemuan dipimpin oleh Mr. Yan Sibarang Tandiele, Kepala Pusat Standardisasi Industri, Kementerian Perindustrian selaku Chairdan Mr. Sazali Che Amat, General Manager of Construction Industry Development Board, Malaysia, selaku Co-Chair dan dihadiri oleh perwakilan dari Sekretariat ASEAN dan semua negara ASEAN, kecuali Kamboja dan Myanmar.

Delegasi RI dipimpin oleh Dr. Zakiyah, Kepala Pusat Perumusan Standar, Badan Standardisasi Nasional, dengan anggota delegasi dari Kementerian Perindustrian, Badan Standardisasi Nasional (BSN), dan Kementerian Perdagangan.

Sidang ke-18 TFBC membahas timeline finalisasi MRA on Building and Construction, sebagai tindak lanjut hasil Intersessional Meeting TFBC pada bulan Agustus 2017 di Jakarta. MRA tersebut merupakan landasan hukum pembentukan Building and Construction Product Working Group (BCPWG) dalam forum ACCSQ. Selain itu juga dilakukan pembahasan mengenai daftar standar bahan bangunan dan kosntruksi yang menjadi lingkup di dalam MRA dimaksud.

Sidang menyepakati TFBC akan terus melanjutkan pekerjaannya hingga MRA ditandatangani, mengingat pentingnya kolaborasi jangka panjang di sektor bangunan dan konstruksi, yang memiliki ruang lingkup mencakup harmonisasi standar, implementasi MRA, dan kegiatan terkait lainnya.Sidang meminta kepada negara-negara anggota ASEAN (AMS) untuk melakukan national legal scrubbing terhadap MRA, yang selanjutnya akan ditinjau kembali hasil dari national legal scrubbing tersebut pada Sidang ke-19, yang mana akan diselenggarakan pada bulan Februari 2018 di Brunei Darussalam atau Malaysia.Sidang ke-18 meminta AMS untuk mengalokasikan kehadiran penasihat hukum mereka pada Sidang TFBC ke-19. (ZKY/AG/FIH/OS)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat