Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Audit SMM untuk Meningkatkan Mutu dan Kinerja BSN

  • Jumat, 16 Juni 2017
  • 4816 kali

Dalam rangka menjaga konsistensi penerapan SNI ISO 9001:2008 Sistem Manajemen Mutu (SMM) di lingkungan Badan Standardisasi Nasional (BSN), BSN mendapatkan Audit Surveillance SNI ISO 9001:2008 dari Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu PT Sucofindo (Persero). Audit eksternal ini telah dilaksanakan selama dua hari, pada Rabu – Kamis, 14 -15 Juni 2017 di Kantor BSN, Jakarta.

Audit dilakukan oleh Tim Auditor yang terdiri dari 3 orang yaitu Jamaludin Malik selaku Lead Auditor, serta Auditor Togu Sihombing dan Bayu Sukma. Audit eksternal ini merupakan aktivitas penting bagi BSN untuk melihat efektivitas penerapan sistem manajemen mutu dan untuk melakukan perbaikan secara berkelanjutan.

Jamaludin mengungkapkan, secara keseluruhan audit kali ini berjalan dengan baik. Dari hasil audit, BSN perlu melakukan beberapa perbaikan. “BSN diharapkan dapat melakukan perbaikan, maksimal dua bulan setelah audit berlangsung,” kata Jamaludin dalam acara penutupan audit, Kamis (16/6/2017).

Kepala BSN Bambang Prasetya mengungkapkan, audit ini berguna untuk meningkatkan mutu dan kinerja BSN. Ia pun menghimbau kepada unit-unit kerja di lingkungan BSN untuk melakukan corrective action dan perbaikan berkelanjutan. Diharapkan ke depan, seluruh pegawai BSN dapat lebih meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi dalam menjalankan sistem manajemen mutu.(ria-humas)