Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PPIS 2018 SURABAYA: CALL FOR PAPER

  • Jumat, 26 Oktober 2018
  • Prasetyo Nugroho
  • 3229 kali

Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) 2018 akan diselenggarakan pada tanggal 26 Oktober di Surabaya dengan tema “Peran Penelitian dan Pengembangan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian Menyongsong Revolusi Industri 4.0”

 

Mari bergabung sebagai pendengar maupun pemakalah!  GRATIS!

 

 

Tentang PPIS

Denting waktu terus melaju menuju peradaban revolusi Industri 4.0. Berbicara tentang revolusi industri 4.0 seolah tidak terlepas dari berbagai gempuran perkembangan teknologi mulai dari Internet of Things (IOT), big data, otomasi, robotika, komputasi awan, hingga kecerdasan buatan. Lima industri yang jadi fokus implementasi industri 4.0 di Indonesia, yaitu industri makanan dan minuman, tekstil, otomotif, elektronik, dan kimia.

Efek positif dari perkembangan ini diharapkan akan menciptakan efisiensi produksi karena penggunaan teknologi digital dan otomatisasi. Imbasnya, terdapat peluang peningkatan kebutuhan tenaga kerja baru sekaligus terdapat penurunan jumlah tenaga kerja lama kerana tergantikan oleh mesin.

Pertanyaannya adalah bagaimana litbang dapat berperan dalam mengawal agar rencana revolusi industri 4.0 bisa berpijak pada kepentingan rakyat banyak terutama dalam bidang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian (SPK)? Melalui PPIS 2018 ini kami mengharapkan partisipasi Bapak/Ibu baik sebagai pemakalah dan peserta pendengar dalam kegiatan tersebut.

 

Lingkup Tema Penulisan

  1. Kebijakan standardisasi nasional
  2. Pengembangan standar
  3. Harmonisasi standar
  4. Penerapan standar (akreditasi, sertifikasi, pengujian, metrologi, inspeksi teknis, pengawasan pra dan pasca pasar, dampak sosial ekonomi dll)
  5. Pemasyarakatan standar
  6. Regulasi teknis
  7. Aspek lainnya yang terkait dengan standardisasi.

 

Isi Makalah 5 - 10 halaman yang terdiri dari:   

    - Pendahuluan (Latar Belakang, Tujuan)

    - Tinjauan Pustaka

    - Metode Penelitian

    - Hasil dan Pembahasan (termasuk ilustrasi: gambar, tabel,

      grafik, foto, diagram, dan lain-lain)

    - Kesimpulan

    - Ucapan Terima Kasih (opsional)

    - Daftar Pustaka

 

PEDOMAN PENULISAN

Judul Makalah harus spesifik, jelas, singkat, informatif, dan menggambarkan substansi dari tulisan serta tidak perlu diawali dengan kata penelitian/analisis/studi, kecuali kata tersebut merupakan pokok bahasan dan ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris). Diketik dengan huruf besar di-Bold, kecuali pada nama latin.

Nama penulis ditampilkan dengan jelas; lengkap tanpa menyebutkan gelar; nama asli penulisan nama sebaiknya tidak disingkat bila penyingkatan harus nama depan. Alamat penulis berisi nama instansi/lembaga tempat penulis bekerja dan alamat e-mail penulis (tidak boleh menggunakan alamat e-mail instansi)

Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia yang memuat tidak boleh lebih dari 250 kata dan Bahasa Inggris yang memuat tidak boleh lebih dari 200 kata. Bersifat mandiri (stand alone). Abstrak harus berisi permasalahan pokok; tujuan penelitian atau kajian/review serta pernyataan singkat hasil dan prospeknya

Kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), ditempatkan di bawah abstrak, dapat berupa kata tunggal dan kata majemuk yang terdiri dari 3 -5 (tiga sampai lima).



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat