Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pertamina Buka Lagi Tender Tabung Elpiji 3 Kilogram

  • Rabu, 09 September 2009
  • 1966 kali
JAKARTA. PT Pertamina (Persero) kembali membuka tender pengadaan tabung Elpiji ukuran 3 kilogram (kg) berikut klep (valve). Melalui pengumuman tender nomor 389/Lelang/GasDom/IX/2009 yang dilansir di situs resmi Pertamina, Unit Gas Domestik mengundang pabrikan tabung dalam negeri untuk mengikuti tender tersebut.

Ada sejumlah prasyarat yang harus dipenuhi oleh peserta tender, antara lain tabung Elpiji dan valve yang ditawarkan sudah memenuhi persyaratan sesuai SNI 1452:2007 dan SNI 1591:2008.

PT Pertamina terpaksa menender ulang pengadaan tabung ukuran 3 kg tersebut karena tender sebelumnya yang digelar akhir Juli lalu tidak menghasilkan pemenang.

Juru Bicara Pertamina Basuki Trikora Putra menjelaskan, dalam tender sebelumnya ada 48 perusahaan yang memenuhi syarat. Namun, saat tiba tahap penawaran, ternyata hanya dua peserta yang berani mengajukan harga di bawah harga patokan Rp 108.863 per unit, sesuai ketetapan Departemen Perindustrian.

Repotnya, perusahaan yang berani menawar dengan harga terendah tak sanggup memenuhi permintaan Pertamina. "Dengan target 7 juta tabung, pabrikan tak sanggup memenuhi sampai tenggat waktu akhir Oktober 2009," kata Basuki kemarin (8/9). Itu sebabnya, Pertamina hendak menggelar tender lagi.

Bagi peserta baru yang telah memenuhi persyaratan administrasi pendaftaran, panitia tender akan melanjutkan proses prakualifikasi dan verifikasi kemampuan pengiriman.

Para peserta tender yang sudah mengikuti proses tender sampai tahap pemasukan penawaran pada proses lelang sebelumnya tak perlu menjalani tahap prakualifikasi dan verifikasi lagi. "Mereka yang berminat bisa mendaftar mulai 8 September sampai 9 September 2009 di Sekretariat Panitia Pelelangan Pengadaan Barang dan Jasa Unit Gas Domestik, kantor pusat Pertamina," tambah Basuki.

Sejauh ini Basuki belum bisa menjelaskan jumlah tabung yang hendak ditenderkan dalam lelang kali ini. Dalam pengumuman lelang tersebut juga tidak ada penjelasan apakah tender juga mencakup kompor dan regulator.

Dalam lelang yang digelar 21-23 Juli 2009 lalu, Pertamina menenderkan pengadaan 10 juta tabung. Produksi 7 juta tabung dialokasikan bagi pabrikan swasta, sedangkan 3 juta menjadi jatah BUMN. Tabung ditenderkan dengan dengan harga Rp 108.863 per unit, sesuai ketetapan Departemen Perindustrian.

Gentur Putro Jati KONTAN
Sumber : Kontan, Rabu 9 September 2009, Hal.13