Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Resmikan KLT Surabaya, Pelaku Usaha Bisa Dapat Layanan Pendampingan Hingga Raih Sertifikasi SNI

  • Senin, 15 Juli 2019
  • 3176 kali

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Badan Standardisasi Nasional (BSN) meresmikan Kantor Layanan Teknis (KLT) di Surabaya, Senin (15/7/2019).


Grand Launching KLT BSN ini ditujukan untuk memudahkan masyarakat terutama pelaku usaha untuk mendapat layanan standardisasi dan penilaian kesesuaian Standar Nasional Indonesia (SNI).


"Trennya semakin banyak orang standardisasi. Semakin ketatnya perdagangan, orang ingin ada jaminan mutu, jaminan selamat. Standar ini digemari dan disarankan," kata Kepala BSN Bambang Prasetya di Dyandra Convention Hall, Senin (15/7/2019).


Bekerja sama dengan pemerintah daerah provinsi maupun kota/kabupaten, dinilainya daerah perlu mengembangkan potensi ekonomi secara optimal menjadi produk unggulan yang berdaya saing.


"Fokus utama pembinaan adalah memfasilitasi penerapan dan sertifikasi SNI produk unggulan daerah yang diproduksi UMKM. Pelaku usaha termasuk UMKM sudah mulai merasakan manfaatnya karena lebih teratur, penerimaan produk lebih baik dan keuntungan meningkat," kata Bambang.


Dengan didirikannya KLT, pihaknya akan memberikan pendampingan dan pembinaan bersama dinas terkait serta menargetkan dapat membina 11 UMKM hingga meraih SNI.


Lanjut Bambang, pentingnya penerapan SNI ini tidak hanya sekedar memberikan jaminan kualitas dan keamanan produk.
Namun juga daya ungkit produk unggulan lokal menuju pasar global di era Masyarakat Ekonomi ASEAN.


"Target kami KLT Surabaya dapat membina 11 UMKM hingga meraih SNI. Secara bertahap tahun depan dan selanjutnya akan bertambah jumlah UMKM yang dibina BSN dan meraih SNI. Nanti sesuaikan targetnya 30 persen UMKM mendapatkan SNI," pungkasnya.

 

Link: https://jatim.tribunnews.com/2019/07/15/bsn-resmikan-klt-surabaya-pelaku-usaha-bisa-dapat-layanan-pendampingan-hingga-raih-sertifikasi-sni.

Penulis: Nur Ika Anisa

Editor: Arie Noer Rachmawati




­