Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Gandeng Kemendag, BSN Sosialisasikan SNI Pasar Rakyat di Palembang

  • Rabu, 10 Juli 2019
  • KLT Palembang
  • 321 kali

Di Sumatera selatan ini khususnya kota Palembang sudah banyak sekali pasar rakyat atau pasar tradisional yang dikelola oleh dinas terkait,  PD. Pasar Palembang Jaya maupun swasta, namun yang masyarakat lihat pasar rakyat itu kumuh, kotor atau becek, makanya kita ingin membenah pasar rakyat yang ada saat ini ungkap Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan, H. Yustianus, saat memberikan kata sambutan sekaligus membuka acara Sosialisasi SNI 8152:2015 Pasar Rakyat di Ruang Pertemuan Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan (10/07/19).

 

Ditambah lagi di Pulau Sumatera baru satu pasar rakyat yang bersertifikat SNI yaitu pasar Ibuh di Payahkumbuh Sumatera Barat. Pasar tersebut juga mendapat bantuan alokasi dana dari Presiden RI karena salah satu alasannya sudah SNI, tambahnya.

 

Maka dari itu saya sangat berharap sekali pasar rakyat yang ada di Sumsel ini, khususnya juga di kota Palembang bisa mengajukan diri untuk di sertifkasi SNI 8152:2015 agar kita bisa bangga bahwa di Sumsel ada pasar yang ber-SNI, tutupnya.

 

Hadir sebagai narasumber dari Kantor Layanan Teknis Badan Standardisasi Nasional (BSN) Wilayah Palembang, Antony Achmad Fathony dan narasumber dari Kementerian Perdagangan RI, Irma Nur Hegwisi Wananka Tasti Kepala Seksi Bimbingan Mutu pada Direktorat Standardisasi dan Pengendalian Mutu.

 

Kedua narasumber tersebut memberikan materi sosialisasi mulai dari persyaratan teknis sertifikasi SNI 8152:2015 hingga manfaat SNI Pasar Rakyat sebagai sentra kegiatan perekonomian rakyat.

 

Peserta kegiatan sosialisasi yang hadir berjumlah sekitar 50 orang berasal dari jajaran Dinas Perdagangan Kota Palembang, Disperindag dari 5 Kabupaten, Dinas kesehatan Kota Palembang, Pengelolah Pasar dari Kota dan Kabupaten hadir juga Kepala Dinas Disperindag Kabupaten Banyuasin yang mengungkapkan keinginannya agar Pasar Rakyat di Banyuasin bias dibimbing untuk sertifikasi SNI. (klt_plg)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat