Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SMA St. Louis 1 Surabaya Juarai Kompetisi Standardisasi Nasional 2019

  • Jumat, 17 Mei 2019
  • - -
  • 1078 kali

Setelah melalui proses seleksi dan penjurian yang ketat, akhirnya tim dari SMA Catholic St. Louis 1 Surabaya yang terdiri dari Maharani Ayu Putri Irawan, Evan Leonard, dan Tiffany Lindsay Silamurti terpilih sebagai juara 1 Kompetisi Standardisasi Nasional Tingkat SMA/SMK tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan esai berjudul “Economic System Enhancement to Face Industrial Revolution 4.0: Self Ordering Machine As the Future of Retail Industries”.

Sementara, untuk juara kedua masih ditempati oleh tim dari SMA Catholic St. Louis 1 Surabaya, yang terdiri dari Sherryn Febrina Sugihjono, Margareth Arcelia Carissa, dan Stephanie Soedarsono dengan judul esai “Effective Way Towards Plastics Reduction With Coconut Husks Equipped With Automated Eco-Friendly Machine”.

Untuk juara ketiga, diraih oleh MAN Insan Cendikia Gorontalo yang terdri dari Taufiq Qurrohman, Salwa Asti Wandansari, dan Siti Fathonah Nuraisyah dengan judul esai “Integrated 4.0 Tech In Gorontalo Corn Product Industries, Brings Local Economic Growth: ACPLM (Automated Corn Pie Line Machine) With Advanced And Affordable Prices For Local Industries MSMEs (UMKM)”.

Juara diumumkan pada Jumat (17/5/2019) di website bsn.go.id dan website kompetisi-standar.bsn.go.id. 

Sebelumnya BSN membuka kompetisi yang mengusung tema “Penerapan Standardisasi Teknologi Otomasi dalam Menyiapkan Industri Lokal Menghadapi Revolusi Industri 4.0” ini sejak April 2019 untuk tingkat SMA/SMK di seluruh Indonesia.

Pada kompetisi yang sudah berlangsung untuk ke-lima kalinya ini, panitia menerima 32 judul esai dari 18 sekolah dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah melalui proses seleksi, terpilihlah 10 judul dari 6 sekolah yang kemudian melalui proses penjurian.

Proses penjurian dilangsungkan pada Rabu (15/5/2019) di Kantor BSN, Jakarta, melalui video call dengan para peserta yang berada di sekolah mereka masing-masing. Adapun yang menjadi tim juri antara lain, Asosiasi Pengusaha TIK Nasional, Fanky Christian; Robotic Business Specialist PT. Epson Indonesia, Rudyanto Sudarman; Direktur Pengembangan Standar Mekanika, Energi, Elektronika, Transportasi, dan Teknologi Informasi BSN, Y. Kristianto Widiwardono; dan Dosen Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Wahidin Wahab.

Pada proses penjurian, masing-masing tim peserta yang terdiri dari tiga orang mempresentasikan esai mereka dalam bahasa Inggris secara bergantian. Selain itu mereka juga diharuskan menjawab pertanyaan dari para juri tentang materi yang mereka sampaikan pada sesi diskusi. Adapun kriteria penilaian esai meliputi: Pemahaman tentang Standar, Struktur Penulisan, Gagasan dan Originalitas, dan Kesesuaian Tema.

Hadiah untuk para pemenang Kompetisi Standardisasi Nasional adalah medali dan uang tunai sebesar Rp.5.000.000 untuk juara 1, Rp.3.000.000 untuk juara 2, dan Rp.2.000.000 untuk juara 3. Untuk pemenang pertama nantinya akan diikutsertakan dalam Kompetisi Standar tingkat Internasional. (tyo-humas)



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat