Daerah

Semen Tonasa Yang Terus Konsisten Menerapkan SNI

PT Semen Tonasa berhasil meraih penghargaan SNI Award 2016 dengan peringkat Emas di ajang Penganugerahan SNI Award 2016. SNI Award adalah penghargaan tertinggi dari pemerintah Republik Indonesia kepada organisasi/perusahaan yang dinilai paling baik dan konsisten dalam menerapkan SNI. SNI Award diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) –Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang tugas pokoknya adalah membina dan mengembangkan standardisasi di Indonesia. Pemberian penghargaan ini menandakan bahwa PT Semen Tonasa adalah perusahaan yang telah menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara menyeluruh baik dari sistem manajemennya hingga pada Produk yang dihasilkan.

 

Dengan prestasi yang diraih oleh Semen Tonasa tersebut, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melakukan kunjungan industri ke perusahaan ini pada Rabu (25/10/2017). Kunjungan dihadiri Kepala BSN Bambang Prasetya, Sekretaris Utama BSN Puji Winarni, Kepala Pusat Kerjasama Standardisasi BSN Konny Sagala, Humas BSN, 11 media lokal, serta perwakilan peserta Indonesia Quality Expo (IQE) 2017 seperti PT Pupuk Kaltim, PT Pertamina Lubricants, dan GS Battery.

 

 
Kedatangan rombongan BSN disambut Direktur Utama PT Semen Tonasa, Subhan dan didampingi QC Manager PT Semen Tonasa Sariatun. Kunjungan ini selain untuk menambah wawasan tentang penerapan SNI, sukses story PT. Semen Tonasa diharapkan dapat dipublikasikan sebagai Role Model bagi industri lain supaya tergerak menerapkan SNI. Selain itu kunjungan ke PT Semen Tonasa merupakan bagian dari side event penyelenggaraan IQE 2017 yang berlangsung pada tanggal 24 hingga 26 Oktober 2017 di Grand Clarion Convention, Makassar, Sulawesi Selatan.

PT Semen Tonasa menempati lahan seluas 715 hektar di Desa Biringere, Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep, sekitar 68 kilometer dari kota Makassar. Perseroan yang memiliki kapasitas terpasang 5.980.000 ton semen per tahun ini, mempunyai empat unit pabrik, yaitu Pabrik Tonasa II, Pabrik Tonasa III, Pabrik Tonasa IV dan Pabrik Tonasa V. Keempat unit pabrik tersebut menggunakan proses kering dengan kapasitas masing-masing 590.000 ton semen pertahun untuk Unit II dan III, 2.300.000 ton semen per tahun untuk Unit IV serta 2.500.000 ton semen untuk Unit V. Perseroan berdasarkan anggaran dasar merupakan produsen semen di Indonesia yang telah memproduksi serta menjual semen di dalam negeri dan mancanegara sejak tahun 1968.   

Seluruh kegiatan operasional Perseroan selalu diupayakan memenuhi persyaratan mutu ISO 9001. Baik terhadap pengadaan bahan baku, proses dan produk akhir. Sejak tahun 1996, Perseroan telah mendapatkan pengakuan Internasional terhadap Sistem Manajemen Mutu tersebut. Saat perseroan memliki sertifikat ISO 9001:2008. Untuk menjaga konsistensi terhadap penerapan SMM ini,dilakukan audit oleh PT Sucofindo ICS setiap enam bulan sekali.

 

Sebagai perseroan yang menghasilkan produk semen, perseroan pun memiliki standar yang memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah RI, yaitu SNI. Semen Portland jenis I sesuai dengan SNI-15-2049-2004, Semen Portland (PCC) sesuai dengan SNI-15-0302-2004. Untuk pengawasan SPPT-SNI ini dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Produk (LS-Pro) Departemen Perindustrian RI setiap tahun sekali. 

Selain itu, berbagai sertifikat mutu juga diraihnya, yang meliputi Sistem Manajemen Lingkungan - SML (EMS ISO 14001:2004), Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3:1996), ISPS CODE (International Code for the Security of Ships and Port Facilities), OHSAS 18001:2007 (Occupational Health & Safety Assessment Series), System Manajemen Laboraturium (ISO/ IEC 17025;2005), dan System Manajemen Terintegrasi (Integrated Management System-IMS).

 

Penghargaan SNI Award 2016 memiliki arti sendiri bagi Semen Tonasa. Selain menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjaga mutu, penghargaan SNI Award memberikan nilai tambah bagi kepercayaan konsumen terhadap produk-produk semen Tonasa. (dnw/nda)







Dilihat : 225


Daftar SNI yang diusulkan untuk di Abolisi JAJAK PENDAPAT RSNI3 6128:201X, Beras Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 3 (tiga) Tahun Kerja Bersama - Capaian Kinerja Pemerintahan JOKOWI dan JK HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL TAHUN 2017