Daerah

BSN Berikan Bantuan Teknis UPT. BP3MPHP Makassar

 

Kantor Layanan Teknis (KLT) BSN Makassar memberikan bantuan teknis akreditasi kepada UPT. Balai Pembinaan, Pengujian dan Pengembangan Mutu Produk Hasil Perikanan Sulawesi Selatan (BP3MPHP) dalam persiapan menjadi Lembaga Sertifikasi Produk (LSPro). Tim KLT BSN Makassar, Teguh Budiono dan Juanda, memberikan bantuan teknis UPT. BP3MPHP dengan membantu penyiapan persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi LSPro, Kamis (7/09/2017). Bantuan teknis ini merupakan bagian dari tugas dan fungsi yang diberikan KLT BSN Makassar untuk mendukung pengembangan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK).

 

Bantuan ini disambut dengan baik oleh Manajer Teknis UPT. BP3MPHP, Nurjihad, karena sangat membantu dalam proses penyiapan persyaratan yang harus dilengkapi.  “Kami sangat berterima kasih kepada KLT karena membantu kami untuk menyiapkan persyaratan yang diperlukan”  ujar Nurjihad. UPT. BP3MPHP merupakan salah satu UPT di lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan. UPT. BP3MPHP merupakan salah satu LPK dalam bidang Laboratorium Pengujian SNI ISO/IEC 17025 yang telah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). “Kami akan mengajukan untuk menjadi LSPro agar dapat melakukan sertifikasi produk terutama untuk hasil perikanan” tambah Nurjihad. “LSPro ini akan menjadi yang pertama di Sulawesi untuk sertifikasi produk hasil perikanan” pungkas Nurjihad. Dengan potensi hasil perikanan yang melimpah di Sulawesi, diharapkan dengan adanya LSPro BP3MPHP akan meningkatan kualitas dan daya saing produk yang dihasilkan oleh industri maupun UKM khususnya di Sulawesi Selatan dan sesuai dengan visi “Sulawesi Selatan Ber-SNI”.

 

Tim KLT BSN Makassar melakukan diskusi dengan Manajer Mutu, Manajer Teknis, Manajer Umum, dan Tim Penyiapan LSPro UPT. BP3MPHP terkait dengan persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi dan membantu dalam pengisian formulir secara online melalui KAN Manajemen Information System (KANMIS). UPT. BP3MPHP membutuhkan bantuan karena adanya perubahan sistem pendaftaran akreditasi yang semula manual menjadi online dan pengembangan dari Lab. Pengujian menjadi LSPro yang memiliki beberapa perbedaan. Tim KLT BSN Makassar menyampaikan kepada Tim Penyiapan UPT. BP3MPHP apabila masih memenuhi kendala dalam penyiapan persyaratan akreditasi LSPro jangan sungkan untuk menghubungi KLT BSN Makassar yang berkantor di gedung Graha Pena Lt. 11 Jalan Jenderal Urip Sumoharjo Makassar. “Kantor kami selalu terbuka bagi siapapun yang membutuhkan informasi, bantuan teknis dan lainnya terkait dengan standardisasi dan penilaian kesesuaian”, tutup Teguh. (4d9)


Dilihat : 326


BSN Launching SNI Corner Di UPS Tegal Indonesia Harus Manfaatkan Forum TFBC Untuk Kepentingan Nasional PERPANJANGAN WAKTU SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL INDONESIA QUALITY EXPO 2017 HUT RI Ke - 72 Tahun, Indonesia Kerja Bersama