Nasional

Malang Siap Menyambut Sidang ISO COPOLCO 2018

Malang (05/09/2017), Sesuai dengan hasil  Sidang ISO COPOLCO ke-39 di Malaysia, ditetapkan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Sidang ISO COPOLCO 2018. Badan Standardisasi Nasional (BSN) selaku contact point, bersama dengan Pemerintah kota Malang, telah mempresentasikan kesiapan menjadi tuan rumah ISO COPOLCO  ke-40 tahun 2018 di Kota Malang, pada sidang tersebut.

Untuk mempersiapkan sebagai tuan rumah,  pada hari Rabu, 6 September 2017 bertempat di Universitas Islam Malang (Unisma) dilantik panitia pelaksana sidang ISO COPOLCO dan peresmian sekretariat oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Bapak Saifullah Yusuf didampingi oleh Wakil Walikota Malang, Bapak Sutiaji dan Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi (IPS) BSN, Ibu Erniningsih dan Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si.


         

 

Disampaikan Deputi Bidang IPS BSN pada sambutannya, bahwa  BSN mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Malang, Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia dan Unisma  yang telah bersedia menjadi tuan rumah dan mendukung pembiayaan penyelenggaraan Sidang ISO COPOLCO. Erningsih juga menambahkan dengan Malang sebagai tuan rumah ini diharapkan dapat lebih mengenalkan wisata dan potensi Kota Malang kepada dunia Internasional. Agenda sidang akan ditetapkan oleh ISO COPOLCO Secretary di Geneva, BSN selaku contact point akan berkoordinasi secara intensif dengan Secretariat di Geneva.

Dalam sambutan pelantikan panitia pelaksana, Wakil Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa event ini harus dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing melalui keunggulan kompetitif. Kita saat ini harus selalu mempertimbangkan ukuran internasional dalam persaingan global. Event ini juga diharapkan dapat menyadarkan berbagai pihak untuk mengacu ukuran yang sama, sekaligus  dikuatkan adanya singkronisasi standardisasi dengan kearifan lokal. Saifullah Yusuf juga menekankan bahwa standardisasi adalah penting, sehingga masing-masing negara mempunyai ukuran yang sama sehingga diharapkan daya saing produk Indonesia akan tinggi.


 

 

Sidang ISO COPOLCO 2018 akan diselenggarakan pada bulan Mei 2018. Rangkaian kegiatan sidang ISO COPOLCO ini akan terdiri dari break out session, workshop dan plennary. Pada break out session akan dimanfaatkan oleh berbagai working group  yang ada di ISO COPOLCO, di antaranya Consumer participation and training Working group, Product safety Working group, dan Consumer protection in the global market place Working group.

Sementara pada sesi workshop, masing masing anggota dapat mengusulkan tema terkait perkembangan terrkini. Indonesia akan mengusulkan pembahasan standardisasi pada perdagangan online yang marak sekarang ini dalam kaitannya untuk perlindungan konsumen.

Wakil walikota Malang menyampaikan bahwa Kota Malang akan bersiap diri untuk event ini, sekaligus berharap event ini dapat meningkatkan kesadaran perlindungan konsumen. Dihimbau kepada seluruh panitia pelaksana untuk dapat berpartisipasi aktif dalam menyukseskan acara ini, karena tidak ada hal yang sia-sia, semua orang pasti ada manfaatnya.


Dilihat : 474


Daftar SNI yang diusulkan untuk di Abolisi JAJAK PENDAPAT RSNI3 6128:201X, Beras Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2017 3 (tiga) Tahun Kerja Bersama - Capaian Kinerja Pemerintahan JOKOWI dan JK HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL TAHUN 2017