Daerah

Studi Banding Satgas SPIP BSN ke Inspektorat Banyuwangi

 

Bertempat di kantor Inspektorat Banyuwangi (14/08/2017), Satuan Tugas Sistem Pengendalian Interen Pemerintah (Satgas SPIP) BSN datang dan disambut Sekretaris Inspektorat Kabupaten Banyuwangi Kunta Prastawa.

 

Dalam sambutannya Kunta Prastawa berterima kasih serta menyambut hangat atas kedatangan Satgas SPIP BSN  ke Inspektorat Banyuwangi dan semoga Satgas SPIP BSN mendapatkan tambahan ilmu yang bermanfaat dari studi Banding ini, ujarnya.

 

Sekretaris Utama BSN Puji Winarni dalam pengantarnya mengucapkan terima kasih atas sambutan yang hangat dan bersahabat dari Inspektorat Kab Banyuwangi dan menjelaskan bahwa tujuan Satgas SPIP BSN datang adalah untuk Studi Banding  serta memperkenalkan Tupoksi  BSN.

 

Sementara itu Kepala Inspektorat BSN Heru Suseno menjelaskan bahwa Inspektorat Banyuwangi dipilih karena secara nasional nilai kematangan  (maturitas) SPIP yang diraih berada diatas nilai nasional sehingga Satgas SPIP BSN dapat mengetahui  tentang cara dan implementasinya di Banyuwangi.

 

 

Dalam diskusi pendalaman diketahui bahwa kunci dari keberhasilan Kabupaten Banyuwangi  yang mendapat nilai tingkat maturitas dalam menerapkan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah (SPIP) dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) sebesar 3,4465 dan melampaui target rata-rata nasional yang hanya pada angka 3 karena komitmen Bupati Banyuwangi dan para jajaran pimpinan SKPD terhadap pengendalian resiko mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan sudah menggunakan 24 aplikasi yang dibuat sendiri dan terintegrasi keseluruh SKPD dari kecamatan hingga desa yang digunakan untuk mengantisipasi segala bentuk risiko dan penyimpangan.

 

Dan di Tahun 2017 ini Inspektorat Banyuwangi sedang melakukan monev maturitas diseluruh SKPD yang ditujukan untuk mempertahankan penilaian yang telah diraih ujar Inspektur Pembantu wilayah 3 Ahmad Saeho.

 

Studi banding ini turut dihadiri oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi (Pusdikmas) Nasrudin dan Satgas SPIP yang berasal dari unit kerja dilingkungan BSN. (one/reza - humas)

 


Dilihat : 362


BSN Launching SNI Corner Di UPS Tegal Indonesia Harus Manfaatkan Forum TFBC Untuk Kepentingan Nasional PERPANJANGAN WAKTU SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL INDONESIA QUALITY EXPO 2017 HUT RI Ke - 72 Tahun, Indonesia Kerja Bersama