Nasional

BSN Dampingi Pelajar Indonesia Ikuti Olimpiade Standar Tingkat Dunia

Indonesia patut berbangga, karena untuk ke empat kalinya, Indonesia kembali mengirimkan pelajar berprestasi untuk berpartisipasi dalam ajang internasional, The 12th International Standards Olympiad di Korea. Olimpiade standar tahun ini akan dilangsungkan pada tanggal 10-11 Agustus 2017, dengan tema Smart City. Kali ini, Indonesia mengirimkan 3 pelajar dari SMAK St Louis 1, yaitu Zefania Praventia Sutrisno, Elizabeth Maria Clarissa Laytno, dan Silvester Dexter Reinaldo, serta 3 pelajar dari SMKN Sumatera Selatan, yaitu Bayu Adhi Darmawan, Giland Ramadhan, dan Salsabila.

 

Sebelum para pelajar mengikuti olimpiade standar, mereka telah mendapat pembekalan dari Badan Standardisasi Nasional (BSN). Sebelumnya, BSN mengadakan kompetisi standardisasi berupa lomba essay tentang standardisasi untuk seluruh SMA/SMK di seluruh Indonesia. Setelah essay terbaik terpilih, tim dari Bagian Diklat BSN segera memberikan bimbingan kepada sekolah terpilih, sebagai bekal untuk mengikuti olimpiade standar tingkat dunia di Korea.   

 

Bekal dasar bagi para peserta olimpiade tentulah pemahaman bahwa Standar mempunyai peran penting dalam pembangunan baik fisik maupun non fisik. Tidak lupa, para peserta juga diberi pemahaman tentang peran Standar Nasional Indonesia dalam suatu industri dan kehidupan sehari-hari.

Program ini tentunya selaras dengan instruksi Presiden no.9 tahun 2016 tentang revitalisasi sekolah menengah kejuruan dalam rangka peningkatan kualitas daya saing sumber daya manusia. Daya saing dan SDM merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

 

Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi BSN, Erniningsih mengatakan bahwa keikutsertaan SMK tahun ini tentu akan membawa nuansa baru bagi tim Indonesia yang akan mengikuti kompetisi tingkat internasional ini. “Jika tim Indoneia menjadi pemenang, tentu akan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional, terutama  di organisasi internasional, ISO”, ujarnya saat melepas kontingen Indonesia di kantor BSN, Selasa (8/8/17).

 

Diharapkan, keikutsertaan pelajar Indonesia dalam olimpiade internasional ini dapat mendorong generasi muda Indonesia untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya standar. Bagi para peserta, keikutsertaan dalam olimpiade ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kreativitas ilmiah para peserta dengan berkompetisi membuat sistem standar yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam konsep smart city.

Selamat Berkompetisi..!! Semoga Sukses..!!

(ald-Humas)


Dilihat : 247


Hati -Hati Penipuan Atas Nama Pimpinan BSN/ KAN INDONESIA QUALITY EXPO 2017 SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL Prof. Purwiyatno Hariyadi, anggota Komite Nasional Codex Indonesia, terpilih sebagai Vice-Chair Codex Alimentarius Commission