Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN Ajak Mentan Susun Standarisasi Mutu Pangan

  • Kamis, 03 Agustus 2017
  • - -
  • 249 kali

 

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN) Bambang Prasetya mendorong Kementerian Pertanian (Kementan) meningkatkan standar mutu pangan.  

Hal tersbeut penting sebagai upaya menjadikan produk pangan Indonesia tidak hanya menjadi tuan rumah di negeri sendiri, tapi juga diterima pasar internasional.  

"Kami sudah mengusulkan kepada Pak Mentan untuk duduk bersama menyusun standardisasi mutu pangan. Mudah-mudahan usulan bisa segera direspons,"kata Bambang di Jakarta, Kamis (3/8).  

Perlunya penyusunan standardisasi, lanjutnya, tidak hanya melindungi konsumen tapi juga meningkatkan potensi ekspor ke luar negeri.  

Bila produk pangan Indonesia memenuhi SNI (standar nasional Indonesia) maupun standardisasi internasional (Codex) brand produsen makin meningkat.  

"Pemerintah saat ini menggenjot perdagangan internasional untuk produk pangan. Beruntung kita sudah masuk di level pimpinan Codex Alimentarius Commission (CAC). Ini sangat membanggakan karena CAC merupakan badan internasional di bawah FAO dan WHO yang tupoksinya mengembangkan standar pangan," paparnya.  

Diketahui, salah satu pakar teknologi pangan Indonesia terpilih memimpin salah satu lembaga pangan dunia.  

Prof Purwiyatno Hariyadi yang juga anggota Komite Nasional Codex Indonesia terpilih sebagai Vice Chair CAC dalam sidang ke-40 di Jenewa, Swiss.

Sumber : http://www.jpnn.com/news/bsn-ajak-mentan-susun-standarisasi-mutu-pangan

Attachment



Basni

Ada tanggapan lebih lanjut?

Lapor
Hotline 021 392-7422 Whatsapp 0813 802 2930
Email bsn@bsn.go.id E-Pengaduan SIPMAS

Klik LAPOR untuk Pengaduan Masyarakat