Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Indonesia Quality Expo ke-5 di Makassar, Bakal Dibuka Presiden Jokowi

  • Jumat, 28 Juli 2017
  • 2465 kali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- Badan Standardisasi Nasional (BSN) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Perdagangan bakal menghelat Indonesia Quality Expo (IQE) ke-5 di Hotel Grand Clarion Jl AP Pettarani Makassar selama tiga hari, mulai 24-26 Oktober mendatang.


Rencananya, IQE 2017 ini bakal dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memeriahkan hari jadi Sulawesi Selatan ke-348 tahun.


Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN, Budi Rahardjo pada peluncuran Indonesia Quality Expo (IQE) ke-5 tahun 2017 di Balai Pendidikan, Pelatihandan Promosi Ekspor Daerah (BP3ED), Labuang Baji Kota Makasar, Rabu (26/07/2017) mengatakan, IQE ke-5 ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian Bulan Mutu Nasional (BMN) dan Hari Standar Dunia (World Standard Day) yang secara rutin setiap tahun dirayakan oleh BSN bersama stakeholder.


“Kegiatan BMN di Makassar selain di isi oleh Pameran IQE, juga akan dimeriahkan dengan berbagai acara lain diantaranya Seminar Nasional Standardisasi, Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS), Pertemuan Teknis Laboratorium dan Lembaga Inspeksi, Talk Show Role Model UKM PenerapSNI, dan masih banyak lagi. Kegiatan Bulan Mutu Nasional juga akan dirangkaikan dengan Pencanangan Gerakan Nasional UMKM ber-SNI di Indonesia Timur untuk Menembus Ekspor,” ujar Budi.


Budi mengatakan, kegiatan bulan Mutu Nasional Nasional akan diikuti oleh para pemangku kepentingan di seluruh Indonesia. Khusus Pameran IQE tahun ini, menargetkan 70 stand yang akan diikuti oleh pemangku kepentingan BSN baik dari perusahaan, lembaga penilaian kesesuaian, asosiasi, perguruan tinggi, maupun pemerintah daerah dan pusat.


“Tahun ini sudah banyak yang menyatakan minat mengikuti IQE di antaranya PT Siemens Indonesia, PT Pupuk Kaltim, PT Kencana Gemilang (MIYAKO), Pemprov. Jawa Tengah, PT Pertamina Lubricants, IAPMO, Balai Sertifikasi Indonesia (BSI), Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Jakarta, serta PT ANTAM UBPP Logam Mulia. Kami berharap stakeholder standardisasi lainnya terutama di kawasan Indonesia bagian Timur dapat ikut ambil bagian dalam IQE,” ujar Budi.


Kepala Dinas Perdagangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan Hadi Basalama menambahkan, penyelenggaraan Bulan Mutu Nasional di Makassar ini merupakan pertama kali diselenggarakan di luar Jakarta.


Tujuannya mendekatkan pelaksanaan Bulan Mutu Nasional kepada stakeholder standardisasi di daerah, khususnya kawasan timur Indonesia, mendorong pertumbuhan infrastruktur standardisasi dan daya saing produk daerah, utamanya produk UMKM untuk menembus pasar ekspor.


"Ini juga sebagai bentuk apresiasi dan dukungan Badan Standardisasi Nasional kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan atas kepedulian, komitmen dan semangat dalam penerapan standardisasi bagi masyarakat Sulawesi Selatan yang diwujudkan melalui pencanangan gerakan Sulsel ber-SNI oleh Presiden Republik Indonesia pada 3 Agustus 2015 di Makassar,” ujar Hadi sapaanya.

 

Sehubungan dengan rangkaian kegiatan Bulan Mutu tersebut, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Perdagangan bekerjasama dengan Badan Standardisasi Nasional (BSN) menyelenggarakan Grand Launching Indonesia Quality Expo di Makassar, Selasa (26/7/2017), dengan tujuan mensosialisasikan kegiatan Indonesia Quality Expo kepada pelaku usaha dan UMKM Sulawesi Selatan agar dapat berpartisipasi dan ikut serta dalam Indonesia Quality Expo (IQE) tanggal 24-26 Oktober 2017 mendatang. (*)

Editor: Ardy Muchlis

 

Link: http://makassar.tribunnews.com/2017/07/26/indonesia-quality-expo-ke-5-di-makassar-bakal-dibuka-presiden-jokowi