Daerah

Peresmian SNI Corner di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Sukabumi – Badan Standarisasi Nasional (BSN) pada tanggal 13 Juli 2017 bersama Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melakukan Peresmian SNI Corner yang bertempat di Auditorium UMMI serta peresmian dan simulasi SNI Corner dilakukan di Perpustakaan UMMI.

 

Sejak penandatangan MOU antara MMI dan BSN ditandatangani pada Desember 2016 dan saat ini telah terwujud implementasi kesepakatan MOU tersebut melalui SNI Corner

Kegiatan diawali dengan laporan oleh Kepala Perpustakaan UMMI, Yanti Sundari. Beliau mengatakan dengan adanya SNI Corner ini kita dapat melihat standar-standar yang diperlukan untuk proses akademik dari fakultas maupun program studi yang ada di UMMI. Selain itu menurut Yanti SNI Corner ini dapat dipergunakan oleh masyarakat luas seperti pelaku Usaha Kecil Menangah.

 

“Sehingga kedepannya dengan adanya SNI Corner ini, baik penelitian maupun kegiatan yang akan dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen akan lebih terstandar dari produk yang akan dihasilkan”, lanjut Pustakawan UMMI yang menjadi juara 1 Academic Librarian Award tingkat Nasional 2016 ini.

 “Dengan adanya SNI Corner ini juga lulusan UMMI diharapkan akan lebih memahami akan standar produk yang nantinya akan dapat berguna di dunia kerja maupun di dunia usaha, karena lulusan UMMI nantinya telah memiliki wawasan dan pememaham terkait standar proses, standar bahan sampai dengan standar produk yang berkualitas ”, tutur Yanti.

 Acara ini dihadiri oleh sivitas akademika UMMI, pihak BSN serta pelaku Usaha Kecil Menangah (UKM) kota dan kabupaten Sukabumi. Pengguntingan pita sendiri dilakukan oleh Wakil Rektor 1, Reny Sukmawani bersama Deputi Bidang Informasi dan Permasyarakatan Standarisasi BSN, Erniningsih

Dalam sambutannya Beliau mengatakan dari “seluruh perguruan tinggi di Indonesia hanya 19 perguruan tinggi yang telah memiliki SNI Corner termasuk UMMI”.

Dengan adanya SNI Corner di perpustakaan di daerah diharapkan dapat mendekatkan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian kepada para pemangku kepentingan. Sehingga para pengguna standar dapat memperoleh kemudahan mendapatkan informasi standardisasi terbaru.

Pada SNI Corner ini pengguna perpustakaan dapat mencari atau menelusur secara off-line informasi SNI yang ada di BSN, informasi PT/SPT, Lembaga Penilai Kesesuaian, serta informasi SNI yang diberlakukan wajib oleh Pemerintah. Selain itu pengguna dapat membaca teks lengkap SNI yang tersedia dalam bentuk elektronik/ flipbook .

Untuk keberlangsungan penyampaian informasi terkait sumber-sumber informasi standardisasi dan cara menggunakannya, BSN pada satu hari sebelumnya telah melakukan Training of Traner (ToT) kepada pihak kampus. Pada ToT tersebut dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari Pengelola Perpustakaan UMMI beserta Sivitas Akademika UMMI.

 

Dengan ToT tersebut diharapkan pustakawan UMMI yang telah dilatih (dengan pelatihan untuk pelatih/ training of trainer) agar nantinya pustakawan tersebut dapat mengajarkannya kepada sivitas akademika UMMI, khususnya mahasiswa. Dengan demikian acara seperti ini dapat dilaksanakan sendiri oleh Pustakawan UMMI. 

Pada acara launching juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama mengenai pengelolaan SNI Corner. Penandatanganan oleh Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi, Y.Kristianto Widiwardono dengan kepala perpustakaan UMMI, Yanti Sundari. dan disaksikan oleh Deputi Bidang Informasi dan Permasyarakatan Standardisasi, dan Wakil Rektor 1 UMMI, Reny Mulyani.

Diharapkan dengan adanya SNI Corner di perpustakaan UMMI tersebut dapat menambahkan peran standardisasi untuk kemajuan sumberdaya manusia yang berkelanjutan dan peningkatan perekonomian di Kota Sukabumi. (Pusido-BSN)


Dilihat : 329


Prof. Purwiyatno Hariyadi, anggota Komite Nasional Codex Indonesia, terpilih sebagai Vice-Chair Codex Alimentarius Commission Peresmian SNI Corner di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) Hati -Hati Penipuan Atas Nama Pimpinan BSN/ KAN INDONESIA QUALITY EXPO 2017 SMAK Sinlui 1 Surabaya dan SMKN Sumsel akan Wakili RI di Olimpiade Standar Tingkat Dunia di Korea