Internasional

BSN Menghadiri Joint Meeting COPANT-PASC

Pan American Standards Comission (COPANT) - Pacific Area Standards Congress (PASC) 40th Joint Meeting telah dilaksanakan pada tanggal 30 April - 5 Mei 2017 di Hotel Sheraton Wall Center, Vancouver, Kanada. Joint meeting dibuka secara resmi oleh Presiden IEC, James M Shannon. Delegasi Indonesia diwakili oleh Sekretaris Utama Badan Standarisasi Nasional (BSN), Puji Winarni didampingi oleh Konsul Penerangan dan Ekonomi II, KJRI Vancouver.  

Joint meeting mengambil tema “Regional Collaboration in A Global Environment” yang dihadiri oleh 16 negara anggota PASC (dari 23 anggota yang terdaftar) dan anggota Asosiasi Badan Standar Amerika, yang meliputi Amerika Serikat, Kanada, negara-negara Amerika Tengah dan Selatan (COPANT). Pada tahun ini PASC mengeluarkan Brunei Darussalam dari keanggotaan PASC karena tiga tahun berturut-turut tidak menghadiri pertemuan PASC.

Joint meeting kali ini menjadi sebuah wahana yang sangat penting dan menarik bagi Badan Standardisasi yang hadir untuk saling berkomunikasi dan membuat jejaring. BSN berkesempatan memperkuat jejaring yang telah dimiliki dan mengadakan pertemuan dengan ASTM, Standards Australia, UL Amerika Serikat dan SPRING Singapura.

Selain itu, joint meeting membahas tentang “Enabling Innovation Through Standardization” yang menjadi nilai tambah pengetahuan bagi peserta. Berbagai informasi seputar kegiatan terkini dari ISO, IEC, ITU,  ACCSQ, ARSO, APMP, ISO REI dan IEC APRC, dan berbagai usulan standar baru (NWIP) yang diusung oleh ANSI Amerika Serikat, KATS Korea, TISI Thailand dan JISC Jepang.

Terdapat tiga isu utama yang dibahas secara khusus pada pertemuan ke-40 PASC yaitu:  (1) Komunikasi, (2) Kemitraan dan Keterlibatan Pemangku Kepentingan, (3) Capacity Building dan Fasilitasi Perdagangan. Ketiga isu tersebut dibahas secara lebih mendalam melalui  focus group discussion. Beberapa kesepakatan yang dihasilkan diantaranya adalah anggota PASC diharapkan dapat:

  1. Makin meningkatkan komunikasi baik kepada masyarakat, regulator/pemerintah maupun kepada industri, dengan menggunakan sebanyak mungkin saluran komunikasi antara lain melalui media cetak, elektronik, media sosial, serta memanfaatkan website PASC untuk membagikan kisah sukses penerapan standar di negara anggota PASC;
  2. Meningkatkan keterlibatan para stakeholder, termasuk diantaranya para pelaku perbankan, investor, lembaga perlindungan dan perwakilan konsumen;
  3. Meningkatkan keterlibatan/partisipasi aktif anggota dalam Komite Teknis/Working Group (TC/WG/SWG), sehingga mewarnai pengembangan standar di ISO/IEC

Pertemuan ke-40 PASC dan pertemuan ke-57 Executive Committee ditutup oleh Direktur Standard Council of Canada (SCC), Dr. John Walter. Pada kesempatan yang sama, Dr. John Walter mendapatkan PASC Meritorius Award atas dedikasi dan kesetiaannya dalam mengembangkan PASC. Pertemuan ke-41 PASC akan dilaksanakan pada tanggal 14-18 Mei 2018 di Aoyama, Jepang dengan JISC sebagai tuan rumah. Sedangkan pertemuan ke-58 Executive Committee akan dilaksanakan bersamaan dengan ISO General Assembly pada tanggal 19 September 2017 di Berlin, Jerman. 

Dilaporkan oleh:

Puji Winarni 


Dilihat : 601


BSN Dukung Kompetisi Rekayasa Kualitas Tingkat Nasional 2017 di USAKTI HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DI LINGKUNGAN BADAN STANDARDISASI NASIONAL TAHUN 2017 Pertemuan Dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) 2017 BSN Launching SNI Corner Di UPS Tegal Indonesia Harus Manfaatkan Forum TFBC Untuk Kepentingan Nasional