detail

IAPMO Group Terus Galakkan Sistem Plumbing dan Sanitasi Sesuai Standar

 

Jakarta - International Association of Plumbing and Mechanical Officials (IAPMO) terus memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam menerapkan standar dalam sistem plumbing (pemipaan) dan sanitasi nasional. Di mana pemerintah saat ini telah menerbitkan Standar Nasional Indonesia (SNI) 8153:2015.

Kerja sama dengan Badan Standarisasi Nasional (BSN), serta Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Pemukiman Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah dijalin IAPMO Group. Ini dilakukan dengan berbagai kegiatan dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai pentingnya peranan sistem pemipaan (plumbing system) yang sesuai standar.

“Kerja sama antara IAPMO, BSN dan Kementerian PUPR dalam menyusun SNI merupakan salah satu highlight dalam konferensi. Di mana SNI 8153:2015 mengadopsi Uniform Plumbing Code® IAPMO dengan menyesuaikan iklim, budaya dan situasi di Indonesia saat ini," ujar Chief Executive Officer (CEO) IAPMO Group, Russ Chaney di sela-sela seminar Peranan Penting Sistem Plambing Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat, Menjamin Lingkungan dan Menyediakan Akses untuk Air Bersih di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (30/3).

IAPMO sendiri telah mendirikan laboratorium di Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Laboratorium tersebut melaksanakan sertifikasi untuk memastikan bahwa hanya produk berkualitas yang akan dipasang serta memenuhi standar ketat.

“Laboratorium ini didirikan untuk pengujian dan sertifikasi plumbing system. Misi kami adalah memberikan kesehatan dan keselamatan orang Indonesia agar mendapatkan sistem perairan yang bersih,” jelas Russ.

Apa yang dilakukan IAPMO Group juga mendapat dukungan dari Pemerintah Amerika Serikat melalui Kedutaan Besar AS di Indonesia.

“Saya bangga sekali dengan adanya kerja sama ini. Ada dua alasan yang membuat pemerintah AS mendukung IAPMO yakni pertama air bersih dan sanitasi menjadi hak asasi manusia dan ada banyak perusahaan Amerika yang memiliki produk plumbing seperti ini,” ujar Bryan McFeeters, perwakilan dari Kedubes AS.

Sementara itu I Nyoman Supriatna dari Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Standarisasi Badan Sertifikasi Nasional berharap kerja sama ini juga menajdi fasilitas perdagangan.

“Standar ini sudah kami terapkan tahun 2015 melalui sistem bangunan. Kami harapkan kerja sama dengan IAPMO terus berkelanjutan,” tambahnya.

 

link: http://www.beritasatu.com/industri-perdagangan/422272-iapmo-group-terus-galakkan-sistem-plumbing-dan-sanitasi-sesuai-standar.html


Dilihat : 213