Umum

PERUNDINGAN KERJASAMA REGIONAL COMPREHENSIVE ECONOMIC PARTNERSHIP (RCEP)

Perundingan ke-17 RCEP Trade Negotiating Committee (RCEP TNC) berlangsung tanggal 21 Februari – 3 Maret 2017 di Kobe, Jepang.  Perundingan bidang Standards, Technical Regulations and Conformity Assessment Procedures (STRACAP) menjadi bagian dari perundingan tersebut dan kali ini merupakan perundingan yang ke-12 dan telah berlangsung tanggal 22-26 Februari 2017.Perundingan STRACAP diawali dengan ASEAN Caucus (22-23 Februari 2017) dan dilanjutkan dengan ASEAN Foreign Partners (24-26 Februari 2017).  Perundingan dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN dan 6 (enam) Negara Mitra FTAs (Australia, India, Jepang, Korea, Selandia Baru danTiongkok) serta perwakilan dari Sekretariat ASEAN. Delegasi Indonesia diwakili oleh Kepala Bidang Kerjasama Standardisasi Internasional – BadanStandardisasiNasional (BSN).

 

Perundingan masih melanjutkan pembahasan di semua pasal dalam Bab STRACAP terutama untuk mencapai kesepahaman atas pasal-pasal yang dirundingkan di bidang standar dan penilaian kesesuaian. Dalam Pertemuan kali ini, beberapa hal telah disepakati namun demikian beberapa bab dan pasal didalamnya masih terus dibahas secara intensif mengingat perbedaan sistem dan prosedur yang berlaku di masing-masing negara peserta RCEP.

 

Putaran perundingan selanjutnya akan diselenggarakan pada bulan Mei 2017 di Filipina.

 

 

 


Dilihat : 136


SMAK Sinlui 1 Surabaya dan SMKN Sumsel akan Wakili RI di Olimpiade Standar Tingkat Dunia di Korea Upaya KLT BSN di Palembang Membumikan SNI di Sumsel Pemenang Kompetisi Standardisasi Tingkat Nasional SMA/SMK Tahun 2017 INDONESIA QUALITY EXPO 2017 Dinas Kesehatan Sumsel Ingin Terapkan SNI ISO 9001:2015 dan SNI ISO 37001:2016