Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Tribute to Bapak Abdul Rahman Saleh dan Ibu Metrawinda Tunus

  • Kamis, 22 Desember 2016
  • 2309 kali

Berdasarkan amanah UU No.20 Tahun 2014 tentang Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian, Badan Standardisasi Nasional (BSN) merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertugas dan bertanggung jawab di bidang standardisasi dan penilaian kesesuaian. Untuk menjalankan amanah tersebut, BSN memiliki struktur organisasi yang saling mendukung. Salah satu diantaranya adalah Kedeputian Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi. Kedeputian ini memiliki 2 (dua) pusat, yaitu Pusat Informasi dan Dokumentasi (Pusido) dan Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan (Pusdikmas).


Terhitung mulai tanggal 18 November 2011, Metrawinda Tunus, atau lebih dikenal dengan panggilan Ade Tunus, resmi bergabung di BSN dan menjabat sebagai Kepala Bidang Kerjasama Standardisasi Internasional berbekal pengalaman kerjanya terkait kerjasama multilateral. Satu tahun kemudian, di bulan Desember 2012, Beliau diangkat sebagai Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi, bertugas dalam memasyarakatkan standar khususnya SNI dan memberikan pelatihan-pelatihan standar yang diperlukan oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa.


Kemudian, pada bulan Maret 2012, Kepala BSN mengangkat Abdul Rahman Saleh sebagai Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi. Unit yang dipimpinnya mempunyai tugas dan fungsi mengelola perpustakaan, penyebarluasan informasi baik tercetak maupun melalui system informasi berbasis teknologi.

 


Di penghujung tahun 2016 ini, Abdul Rahman Saleh dan  Metrawinda Tunus telah memasuki masa purnatugas. Sebagai ucapan terima asih atas segala kontribusi dan pengabdian beliau berdua, BSN mengadakan acara “Tribute to Bapak Abdul Rahman Saleh dan Ibu Metrawinda Tunus” di Auditorium BPPT, Jakarta, pada Selasa, 20 Desember 2016.

 


“Kontribusi yang telah diberikan oleh Pak Abdul Rahman dan Bu Ade Tunus sungguh luar biasa. Ini harus dicontoh oleh para generasi muda. Kalau dilihat dari track recordnya, BSN beruntung telah mendapatkan beliau berdua. Atas nama Badan Standardisasi Nasional dan seluruh karyawan BSN, saya mengucapkan terima kasih atas segala pengabdian, dedikasi yang luar biasa, dan termasuk pertemanan selama ini. BSN yang sekarang tidak lepas dari kontribusi beliau berdua,” ujar Kepala BSN, Bambang Prasetya dalam sambutannya.

 


Dalam kesempatan ini, Keluarga besar BSN mempersembahkan kolaborasi kulintang, angklung, dan paduan suara BSN. Stania Band pun turut mempersembahkan lagu untuk beliau berdua. Tidak lupa Keluarga besar Pusido dan keluarga besar Pusdikmas  dan kesan-kesan yang didapat selama ini.


 


“Engkau pergi untuk mewujudkan cita-cita kita di medan perjuangan yang berbeda. Kita masih akan berjumpa dan berjabat tangan kembali, untuk mengibarkan panji-panji SNI. Tetaplah menjadi bintang di langit Standardisasi” (ald-Humas)