Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

KAN Jalani Peer Evaluation APLAC

  • Senin, 25 Juli 2016
  • 2499 kali

Tahun ini, Asia Pacific Laboratory Accreditation Cooperation (APLAC) kembali melaksanakan Peer Evaluation terhadap Komite Akreditasi Nasional (KAN). Kegiatan ini akan berlangsung pada 25 - 29 Juli 2016 bertempat di Kantor KAN, Jakarta. Peer evaluation secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal KAN, Kukuh S. Achmad, Senin (25/7/2016) di Ruang Rapat Merak, Jakarta. Hadir dalam kesempatan tersebut, Tim Peer Evaluator APLAC yang terdiri dari Tran Thi Thu Ha (Team Leader, BoA, Vietnam) Mahmoud Eltayeb (EGAC, Egypt), Shelli Turner (Technical Expert, New Zealand), Utumporn Kaewnamdee (ONSC, Thailand), serta Pao-chu Kao (TAF, Taiwan). Turut hadir dalam acara pembukaan ini Direktur Akreditasi Laboratorium dan Lembaga Inspeksi KAN Dede Erawan didampingi jajaran pimpinan serta staf KAN.

 

 

Sebagai informasi, APLAC merupakan organisasi kerjasama badan akreditasi laboratorium dan lembaga inspeksi di kawasan Asia Pasifik. Tujuan utama APLAC adalah membangun dan memelihara saling pengakuan sistem akreditasi laboratorium dan lembaga inspeksi di antara anggota APLAC melalui Mutual Recognition Arrangement (MRA). MRA tersebut bermuara pada pengakuan atas kompetensi laboratorium dan lembaga inspeksi yang telah mendapatkan akreditasi dari badan akreditasi anggota APLAC oleh seluruh anggota APLAC.

 

 

KAN sebagai lembaga penetap akreditasi di Indonesia, telah menandatangani MRA dengan APLAC. Dalam skema saling pengakuan antar badan akreditasi di Asia Pasifik, peer-evaluasi terhadap badan akreditasi yang telah menandatangani APLAC MRA dilaksanakan setiap 4 tahun.

 

 

Dalam seminggu ini, Tim Peer Evaluator APLAC akan memeriksa serta menyaksikan proses akreditasi yang dilakukan oleh KAN terhadap laboratorium uji, laboratorium medik, laboratorium kalibrasi, lembaga inspeksi serta laboratorium penyelenggara uji profisiensi. Dalam peer-evaluasi tersebut dilaksanakan penilaian kesesuaian pengoperasian sistem akreditasi terhadap ISO/IEC 17011. (humas)