Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Memperluas Jejaring Kerjasama Dengan FORWAREK Bidang Kerjasama Se-Indonesia

  • Senin, 25 Juli 2016
  • 2107 kali

Dalam rangka memperluas jejaring kerjasama unit penyelenggara kerjasama di lingkungan LPNK Kementerian Ristekdikti dengan perguruan tinggi se-Indonesia, Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik-Ditjen Kelembagaan Kementerian Ristekdikti mengundang Badan Standardisasi Nasional (BSN) untuk menghadiri pertemuan Forum Wakil Rektor bidang Kerja Sama (Forwarek Kerma) pada tanggal 21-22 Juli 2016 di Hotel Swiss Bell, Ambon. Sebagai tuan rumah/host pertemuan tersebut adalah Universitas Pattimura. BSN hadir diwakili Teguh Prakosa - Kasubid Prasarana Kerjasama Standardisasi, Pusat Kerjasama Standardisasi - BSN.

 

 

Forwarek Kerma dibentuk pada tahun 2012 dengan tujuan untuk saling berbagi pengalaman antara sesama Pembantu/Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerja Sama seluruh perguruan tinggi di Indonesia, serta untuk meningkatkan kerja sama antar universitas dan dengan berbagai pihak luar. Kegiatan Forwarek Kerma ini dihadiri 97 peserta dari Perguruan Tinggi Negeri (Universitas, Politeknik dan ISI) se-Indonesia dan tamu undangan LPNK (BSN, BPPT, LIPI, BATAN, BAPETEN dan LAPAN).

 

Turut hadir Direktur Jenderal Sumber Daya IPTEK Dikti, Kepala Badan Akreditasi Perguruan Tinggi (BAN-PT), Direktur Pembinaan Kelembagaan PT, Direktur Riset dan Pengabdian pada Masyarakat dan Direktur Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Dalam sambutannya, Direktur Pembinaan Kelembagaan PT, Totok Prasetyo mengatakan KemenristekDikti sangat mendukung program-program Forum Wakil Rektor/Direktur Bidang Kerja Sama khususnya dalam menyusun rumusan kebijakan dan arah pengembangan kerja sama, regulasi dan panduan penyelenggaraan kerja sama serta pengembangan dan pemanfaatan pusat data kerja sama. Salah satu sesi acara adalah thematic discussion yang melibatkan LPNK dengan topik Kerjasama PT dengan industri untuk pengembangan wilayah strategis Indonesia.

 

Pada pertemuan ini juga dilakukan pemilihan Pengurus Baru Forwarek Kerma Periode 2016-2018, dengan susunan: Dr. Ir. Ahmad Muslim, M.Agr (UNSRI) sebagai Ketua, Dr. Keri L Dandan (UNPAD), yang selanjutnya Ketua dan Sekretaris akan membentuk pengurus lainnya. Ketua Forwarek yang baru terpilih, Ahmad Muslim mengatakan Pengurus Forwarek akan terus berkomitmen untuk mendukung Program Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Dalam waktu dekat, Pengurus baru akan menyusun program kerja dan melaporkan hasilnya kepada Direktur Pembinaan Kelembagaan dan Direktur Jenderal Kelembagaan IPTEK dan Dikti.(KSDN)