Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Men PAN & RB kunjungi layanan BSN -LITe

  • Selasa, 28 Juni 2016
  • 2150 kali

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN & RB) Yuddy Chrisnandi berkunjung ke Layanan Informasi Terpadu (LITe) Badan Standardisasi Nasional (BSN) Jakarta, Selasa (28/06/2016). LITe adalah layanan terpadu yang diselenggarakan oleh BSN, yang menyediakan layanan informasi standardisasi dan penilaian kesesuaian untuk mendukung industri dan perdagangan, pendidikan, dan pengembangan iptek.

 

 

Kunjungan Menteri Yuddy disambut Kepala BSN Bambang Prasetya yang didampingi Sestama BSN Puji Winarni, dan Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN Budi Rahardjo. Pada kunjungannya, Menteri Yuddy banyak menanyakan peranan BSN dan sumber daya yang dimilikinya dalam menjalankan fungsinya sebagai aparatur pemerintah.

 

Menteri Yuddy juga menanyakan proses sertifikasi SNI produk dan posisi BSN dalam proses tersebut. “Pengajuan sertifikasi SNI diajukan ke Lembaga Sertifikasi Produk bukan ke BSN. Peranan BSN adalah mengembangkan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan mengkoordinasikan Komite Teknis dalam proses perumusan SNI,”jelas Bambang Prasetya.

 

Dengan pegawai yang hanya berjumlah 450 orang, lanjut Bambang, BSN tetap terus mengoptimalkan pelayanan di bidang standardisasi, serta mendorong Lembaga Sertifikasi Produk diakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

 

 

Pada kesempatan tersebut, Menteri Yuddy berkesempatan melihat beberapa contoh produk ber-SNI yang ditampilkan di LITe seperti bola sepak, margarine, pakaian bayi, dan mainan anak edukasi. Beliau juga melihat proses pelayanan permohonan dokumen SNI secara langsung melalui SNI Online dan manual. (dnw,nda-humas)