Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Bukti Komitmen PT Tigaraksa Satria, Tbk. dalam Keamanan Pangan dan Jaminan Mutu

  • Senin, 30 Mei 2016
  • 18875 kali

 

Unit usaha Manufacturing Services adalah salah satu bidang usaha PT Tigaraksa Satria, Tbk.  Unit usaha Manufacturing Services ini memanfaatkan fasilitas produksi yang terletak di Sleman, Yogyakarta dan mulai beroperasi sejak tahun 2006 dengan bergerak di bidang layanan jasa produksi dan pengemasan susu bubuk untuk pihak principal. Kapasitas produksi yang tersedia hingga saat adalah 11.000 ton per tahun dan mampu menaikan local content dari 40 persen di tahun 2014, menjadi 43 persen di tahun 2015. Unit ini juga berhasil menurunkan turn over karyawan dari 0,7 di tahun 2013 menjadi 0,6 di tahun 2014 dengan zero safety accident.

 

Pada tahun 2015, unit usaha Manufacturing Services PT Tigaraksa Satria Tbk. berhasil meraih penghargaan Emas Kategori Perusahaan/Organisasi Besar Jasa di ajang SNI Award 2015. Dengan diperolehnya penghargaan ini maka PT Tigaraksa telah membuktikan komitmennya dalam pengembangan dan penerapan standar. Adapun sejumlah standar yang telah diterapkan secara konsisten oleh PT Tigaraksa  antara lain Sistem Manajemen Mutu SNI ISO 9001:2008, Sistem Keamanan Pangan SNI ISO 22000:2009, SNI ISO/IEC 17025:2008, dan CPPOB serta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia dalam bisnis manufacturing services-nya. Fasilitas produksi unit usaha ini juga telah menggunakan mesin dan peralatan laboratorium modern yang memenuhi persyaratan Good Manufacturing Practice.

 

Dengan telah diraihnya sertifikat SNI ISO/IEC 17025:2008, unit usaha Manufacturing Services telah mengkomersilkan jasa pemeriksaan laboratorium kepada pihak luar yang membutuhkan. Dengan kompetensi dan sertifikasi yang dimiliki, kualitas layanan yang diberikan serta harga layanan yang kompetitif, Manufacturing Services memiliki prospek yang cerah cukup baik. Untuk diketahui, di tahun 2015 tercatat empat principal tengah menjalin kerjasama produksi dan pengemasan di unit usaha Manufacturing Services. Selain kerjasama produksi dan pengemasan produk, beberapa prinsipal juga mempercayakan proses procurement, warehousing, product formulation, product registration, dan raw material importation kepada unit usaha Manufacturing Services.

 

PT Tigaraksa Satria Tbk memiliki visi yang dituangkan dalam kebijakannya untuk menyediakan produk yang aman, halal dan berkualitas, peningkatan kualitas pelayanan kepada principal atau customer, peningkatan production performance dan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan bersih. Penetapan visi, misi dan value menjadi bagian dari penilaian SNI Award 2015 di kriteria kepemimpinan bagaimana komitmen pimpinan perusahaan dalam  mengedepankan mutu dan kepuasan pelanggan sebagai bagian dari good corporate governance mereka.

 

Lianne Widjaja, Presiden Direktur PT Tigaraksa Satria, Tbk, mengungkapkan bahwa SNI Award memberikan kepercayaan kepada prinsipal untuk meningkatkan kerjasama di bidang produksi dan pengemasan produk susu bubuk. Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan Pengamat Ekonomi, Rhenald Kasali, yang mengatakan bahwa perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan dengan mengikuti SNI Award, salah satunya yaitu meningkatkan kepercayaan konsumen kepada produknya.

 

 

PT Tigaraksa Satria Tbk merasa bangga mendapat penghargaan bergengsi dan prestisius di bidang penerapan standar.  PT Tigaraksa Satria Tbk membuktikan kepada customer bahwa perusahaannya mempunyai kinerja baik dan berorientasi pada pelanggan. Tertarik ikut dalam SNI Award?  Syarat dan aturan SNI Award dapat dibaca pada link berikut bit.ly/SNIAWARD.