Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemerintah Kota Gorontalo dambakan “sentuhan” Standar Nasional Indonesia

  • Jumat, 16 Oktober 2015
  • 1421 kali

Seiring dengan upaya peningkatan pengetahuan tentang pentingnya Standardisasi bagi masyarakat kota terutama dalam sektor dengan kesehatan, keselamatan dan lingkungan hidup, Pemerintah Kota Gorontalo mengundang BSN menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Standardisasi yang kali ini dilaksanakan di lingkungan Pemerintah Kota Gorontalo pada tanggal 12 Oktober 2015 yang lalu.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Marten A Taha, SE, M. Ec.Dev selaku Wali Kota Pemerintah Kota Gorontalo sekaligus menyampaikan betapa pentingnya dalam penerapan Standar dalam peningkatan mutu dan kualitas UMKM dan UKM, khususnya di lingkup masyarakat kota Gorontalo. Dengan mengerti dan menerapkan Standar diharapkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas hidup masyarakat kota Gorontalo akan semakin meningkat.

Pembicara utama pada kegiatan tersebut adalah  Dra. Dewi Odjar Ratna Komala, MM (Deputi Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi - BSN) yang menjelaskan tentang pentingnya standar bagi peningkatan taraf kehidupan dan kualitas hidup suatu bangsa dalam mewujudkan bangsa yang memiliki kemampuan daya saing, mampu mengolah sumber daya serta kompetensi dalam menghadapi era globalisasi, seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Tak terlepas dari penerapan standar, tentunya bagaimana membangun budaya standar.  Paparan ini dikupas tuntas oleh Ir. Metrawinda Tunus, M.Sc (Kepala Pusat Pendidikan dan Pemasyarakatan Standardisasi - BSN) tentang bagaimana implementasi dan manfaat standar dalam kehidupan sehari – hari. Peserta sangat antusias dalam menanyakan tentang standardisasi yang memang masih terdengar äwam” bagi mereka,  bermula dari koordinasi antara pusat dan daerah terkait standardisasi, perluasan informasi yang efektif kepada masyarakat, informasi kewenangan Badan Standardisasi Nasional, selain itu mereka pun memberikan dukungan terkait peran dan kewenangan Badan Standardisasi sebagai instansi yang memang merupakan poros vital dalam membentuk dan memberikan informasi tentang pentingya standardisasi dalam menyambut Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) 2016.


Kegiatan Sosialisasi Standardisasi yang diikuti oleh para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang terdiri dari para kepala dinas, camat serta lurah di lingkup Pemerintah Kota Gorontalo sejumlah 100 orang. (Mr.e)