Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Edukasi Standardisasi di Sekolah Menengah Teknologi Industri Makasar

  • Jumat, 09 Oktober 2015
  • 2219 kali

Upaya menyebarkan virus standardisasi ke seluruh penjuru Indonesia terus BSN lakukan. Edukasi Standardisasi yang kali ini dilaksanakan di lingkungan Sekolah Menengah Teknologi Industri, Makasar pada hari Selasa tanggal 6 Oktober 2015 yang lalu.


Acara dibuka dengan video profil tentang Badan Standardisasi Nasional  dan Undang-Undang No. 20 Tahun 2014 yang menjadi payung hukum kegiatan standardisasi dan penilaian kesesuaian di Indonesia.  Kemudian secara resmi dibuka dengan sambutan oleh Wakil Kepala Sekolah Bagian Humas, Hasyim al Idrus.


Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan keynote speech dari Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Dewi Odjar Komala yang menjelaskan mengenai tantangan standardisasi menghadapi era globalisasi. Dewi Odjar mengambil contoh tantangan yang sudah di depan “pagar rumah kita” Masyarakat Ekonomi ASEAN yang akan dihadapi oleh calon lulusan SMK, khususnya alumni Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI).


Untuk semakin mengenalkan tentang pentingnya standardisasi, dalam kesempatan ini juga dilaksanakan beberapa pemaparan terkait standardisasi, seperti pemaparan sejarah standard di tingkat nasional maupun internasional; SNI dalam kehidupan sehari-hari serta relevansinya dengan SMK yang merupakan rangkuman buku “SMK Mengenai SNI”; serta pemaparan tentang infrastuktur mutu.

Agar suasana lebih hidup dan siswa-siswi SMTI mendapat gambaran nyata dan lebih menarik mengenai standardisasi, maka ditengah-tengah pemaparan tersebut diputarkanlah beberapa video animasi seperti video daily standards, video pengujian helm, serta video simbol yang telah terstandard dan digunakan di seluruh dunia yang merupakan fungsi dasar dari standar yaitu memudahkan komunikasi sehingga benar adanya standards are international common language.


Di penghujung acara, acara ditutup dengan bertukar souvenir antara BSN dan SMTI sebagai kenang-kenangan, berfoto bersama, serta kunjungan ke teaching industry pengolahan coklat dan rumput laut yang menjadi produk unggulan dari SMTI ini. (diklat)




­