Infografis Profil Renja BSN 2017    Anugerah Jurnalistik BSN 2017    Berikan Suara Anda terhadap Jajak Pendapat RSNI3 untuk 11 Produk Perikanan (Komite Teknis 65-05)    Jadwal Pelatihan Standardisasi 2017    PENGUMUMAN HASIL AKHIR SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA BADAN STANDARDISASI NASIONAL TAHUN 2016    HASIL SELEKSI ADMINISTRASISELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA DEPUTI BIDANG PENELITIAN DAN KERJASAMA STANDARDISASI BADAN STANDARDISASI NASIONAL    SOSIALISASI PENERIMAAN USULAN PNPS 2017    SELEKSI JABATAN PIMPINAN TINGGI MADYA BADAN STANDARDISASI NASIONAL    Mulai 10 Oktober Layanan Informasi Terpadu BSN menerima Pemesanan SNI dalam format elektronik File    ISO WEEK 2016, Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT): Tonggak dimulainya implementasi the ISO Strategy 2016 - 2020    Program Uji Profisiensi oleh PT Provider di luar Indonesia    Download Materi "World Accreditation Day 2016"    Program Uji Profisiensi tahun 2016 untuk Laboratorium Medik   

BADAN STANDARDISASI NASIONAL

STANDAR NASIONAL INDONESIA

KOMITE TEKNIS

REGULASI TEKNIS

LEMBAGA PENILAIAN KESESUAIAN

AKUNTABILITAS KINERJA

REFORMASI BIROKRASI

ARSIP

BSN Gelar Workshop Understanding of ISO 9001:2015

Setelah sukses menggelar Workshop Understanding of ISO/IEC 17021:2015 sehari sebelumnya, Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali mengadakan Workshop Understanding of ISO 9001:2015 pada Selasa (22/09/2015) di Ruang Rapat Komisi Utama Gedung II BPPT, Jakarta. Workshop yang dibuka oleh Kepala Biro Hukum, Organisasi dan Humas BSN Budi Rahardjo ini menghadirkan narasumber expert yang telah lama terlibat dalam pembahasan di International Organization for Standardization (ISO), yang juga merupakan Managing Director AEConformity Pty Ltd., Alexander Ezrakhovich. Acara dihadiri oleh Kepala Pusat Informasi dan Dokumentasi Standardisasi BSN Abdul Rachman Saleh, Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN Zakiyah, Pejabat Eselon III dan IV di lingkungan BSN, Asesor, serta para pegawai BSN.

 

Workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan informasi terbaru berkaitan dengan standar dalam bidang manajemen mutu. Seperti yang sudah diketahui, ISO telah mempublikasikan standar terbarunya, yaitu ISO 9001:2015 pada 15 September 2015. ISO 9001:2015 merupakan salah satu standar acuan untuk organisasi dalam penerapan sistem manajemen mutu.

 

 

Alexander dalam paparannya menyampaikan, perubahan-perubahan utama dalam standar ini yaitu pendekatan proses diperkuat / lebih eksplisit; pemahaman yang lebih jelas dari konteks organisasi diperlukan "satu ukuran tidak cocok untuk semua"; peningkatan penekanan pada pencapaian nilai bagi organisasi dan pelanggan; serta lebih mudah berlaku untuk layanan organisasi berjenis penyedia jasa dan non pengguna manufaktur.

 

Selain itu, standar terbaru ini memberikan beberapa manfaat kepada penggunanya seperti memberikan penekanan yang lebih besar terhadap keterlibatan pimpinan; membantu organisasi untuk menentukan resiko dan peluang secara terstruktur; menggunakan bahasa yang sederhana dan struktur dan istilah yang umum, yang sangat bermanfaat bagi organisasi yang menerapkan beberapa sistem manajemen seperti manajemen lingkungan, manajemen kesehatan & keselamatan, atau manajemen kelangsungan bisnis; membantu penerapan sistem manajemen pasokan yang lebih efektif; serta lebih user-friendly untuk organisasi jasa dan organisasi yang berbasis knowledge.

 

 

 

Terkait prinsip manajemen mutu, terdapat sedikit perubahan antara ISO 9001:2015 dengan ISO 9001:2008. Dalam ISO 9001:2008 ada 8 prinsip manajemen, sedangkan dalam ISO 9001:2015 hanya ada 7 prinsip, yaitu: fokus pada pelanggan; kepemimpinan; pelibatan orang; pendekatan proses; peningkatan; bukti berdasarkan keputusan yang dibuat; dan hubungan manajemen. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, BSN dan para stakeholder dapat mempersiapkan dan menyesuaikan diri dengan standar baru tersebut. (ria)

Sumber :


Tinggalkan Komentar Anda

Nama

: *

Email

: *

Website

:

Komentar

:

Code Security

: