Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pemungutan suara dimulai untuk Draft Final (FDIS) ISO 9001

  • Jumat, 24 Juli 2015
  • 2640 kali

Standar sistem manajemen ISO 9001 telah mencapai tahap akhir (final stage) dari proses revisi. Negara anggota ISO memiliki 2 bulan untuk menentukan posisi nasional dan memberikan suara pada rancangan terakhir sebelum tenggat waktu 9 September 2015.


Pemungutan suara pada draf awal (Draft International Standard - atau DIS) dari revisi ISO 9001 disetujui pada November 2014 oleh sekitar 90% dari anggota, tetapi panitia juga menerima lebih dari 3 000 komentar dengan saran tentang kemungkinan perbaikan.

 

Sejak itu, panitia telah bertemu dua kali, di Irlandia dan Lithuania, dan dilakukan diskusi online yang ekstensif untuk menganalisis dan memutuskan setiap komentar yang diterima selama pemungutan suara. Sekarang draft akhir (Final Draft International Standard – atau FDIS) telah selesai dan diterjemahkan, akan dilanjutkan oleh anggota ISO dengan konsultasi nasional sebelum mengirimkan suara akhir mereka ke ISO.

 

Kami (ISO) bertanya ke Nigel Croft, Ketua subkomite ISO (ISO / TC 176 / SC 2) yang merevisi standar tersebut, apakah ada perubahan besar dalam draft terbaru?

 

"Dibandingkan dengan DIS, perubahannya relatif kecil. Perubahan yang paling ekstensif adalah di Pendahuluan dan angka-angka (figures), yang telah sangat disederhanakan, dengan beberapa teks penjelasan dipindahkan ke Lampiran informatif. Istilah dan definisi kini telah dihapus dari standar dan ditambahkan ke ISO 9000.

 

"Selain 'merapikan' dari teks secara umum dan menyeluruh, serta konsistensi yang lebih besar dalam penggunaan istilah yang spesifik, ada sejumlah perubahan teknis kecil. Misalnya, manajemen puncak sekarang harus mempromosikan penggunaan pemikiran berbasis risiko selain pendekatan proses. Kami juga telah menambahkan penjelasan tentang lingkungan proses yang diterapkan pada organisasi pelayanan, dan persyaratan yang lebih besar untuk kegiatan produksi dan layanan untuk mencegah kesalahan manusia."

 

Meskipun perubahan pada tahap ini belum signifikan, kami bertanya ke Nigel apakah ISO 9001 yang baru akan berbeda jauh dari versi sebelumnya.

 

"Pasti! Ini adalah hasil dari proses evolusi, membawa ISO 9001 dengan kuat ke abad ke-21. Versi pertama ISO 9001 (pada tahun 1987 dan 1994) yang cukup preskriptif dengan banyak persyaratan khusus untuk mendokumentasikan prosedur dan catatan; pada tahun 2000 kami memperkenalkan pendekatan proses, yang berfokus pada pengelolaan proses, dan diperlukan sedikit dokumentasi. Ini dipertahankan dalam revisi tahun 2008.

 

"Kami sekarang telah selangkah lebih maju, dan ISO 9001: 2015 kurang preskriptif dari pendahulunya, namun dengan filosofi yang mendasari pada 'output matters' tersebut. Misalnya, apakah proses mencapai hasil yang direncanakan? Apakah sistem memberikan kepercayaan dan kemampuan organisasi untuk selalu menghasilkan produk dan jasa yang sesuai? Dengan kata lain, ISO 9001:2015 adalah sangat berdasarkan kinerja (performance-based), dengan fokus pada apa yang harus dicapai dan bukan bagaimana mencapainya Kami telah mencapai ini dengan menggabungkan pendekatan proses dengan pemikiran berbasis risiko, dan siklus Plan-Do-Check-Act di semua tingkatan dalam organisasi, dengan tetap mempertimbangkan konteks di mana organisasi beroperasi. "

 

Akhirnya, kami juga bertanya kepada Nigel apakah dia punya saran bagi pengguna ISO 9001.

 

"Cukup sederhana, membaca dan mencerna draft akhir standar segera setalah diterbitkan; baca juga berbagai dokumen pedoman yang tersedia di ISO dan situs subkomite ini. Pikirkan versi baru ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan Sistem Manajemen Mutu, bukan sebagai satu set baru persyaratan yang harus dipenuhi. "

 

Untuk mendapatkan salinan FDIS ISO 9001 silakan hubungi anggota nasional di Negara Anda (di Indonesia adalah BSN).

 

ISO 9001 adalah salah satu standar ISO yang paling terkenal, dengan lebih dari 1,1 juta sertifikat di seluruh dunia (tertinggi adalah di Tiongkok). Ini memberikan persyaratan untuk membantu perusahaan menunjukkan bahwa mereka dapat menawarkan pelanggan mereka sebuah konsistensi produk (barang dan jasa) yang dihasilkan. Hal ini juga menyediakan kerangka kerja untuk membantu mereka menyederhanakan proses mereka dan menjadi lebih efisien. ISO 9001 dapat digunakan oleh organisasi dari semua jenis dan ukuran. Standar ISO 9001 telah mengilhami serangkaian dokumen yang aplikasikan di sektor tertentu, misal sektor otomotif, sektor kesehatan, pemerintah daerah dan banyak lagi.

 

ISO 9001 mengalami revisi secara periodik setiap 3 sampai 5 tahun untuk memastikan mereka relevan dan mutakhir. Edisi terbaru ini diharapkan terbit di September 2015, ISO 9001:2015.

 

diterjemahkan dari website ISO (http://www.iso.org/iso/home/news_index/news_archive/news.htm?refid=Ref1987)