Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN adakan Capacity Building bagi Evaluator SNI Award 2015

  • Kamis, 21 Mei 2015
  • 764 kali

Dalam rangka melaksanakan tugas penyelenggaraan pengembangan dan pembinaan di bidang standardisasi, Badan Standardisasi Nasional (BSN) melaksanakan berbagai upaya untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dan organisasi dalam menerapkan standar. BSN juga memberikan penghargaan tertinggi kepada perusahaan dan organisasi yang telah konsisten menerapkan SNI, dalam bentuk Penganugerahan SNI Award. Penganugerahan SNI Award dilakukan setiap tahun, sejak tahun 2004, sehingga pada tahun 2015 ini merupakan tahun yang kesebelas bagi BSN dalam mengadakan kegiatan tersebut.

Bertempat di Wisma Tamu Gedung Puspiptek Serpong (21/05/2015), BSN melalui Pusat Sistem Penerapan Standar, mengadakan capacity building bagi evaluator SNI Award 2015. Acara dihadiri oleh kurang lebih lima puluh evaluator dan calon evaluator. Acara dibuka oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi, Suprapto, yang dalam sambutannya menyampaikan antara lain mengenai pentingnya peningkatan promosi menyelenggaraan SNI Award kepada masyarakat, terutama mengenai manfaat yang bisa diperoleh dalam mengikuti program SNI Award. Dalam hal ini, kriteria penilaian SNI Award dapat menjadi acuan bagi peningkatan kinerja perusahaan/organisasi, memperluas wawasan standardisasi dan memperluas mitra kerja dengan BSN.


Acara di lanjutkan dengan presentasi dari Aditya Nugroho, yang memaparkan "Pendekatan Sistem dan Kesehatan Organisasi". Pada kesempatan ini, para evaluator diberikan gambaran dan wawasan secara menyeluruh tentang prinsip, esensi dan substansi terkait pendekatan sistem untuk penilaian kinerja organisasi.

Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN, Zakiyah, menyampaikan paparan mengenai persyaratan dan aturan yang harus diikuti oleh calon peserta SNI Award 2015. Pada tahun 2015, kategori peserta SNI Award 2015 tidak mengalami perubahan. SNI award akan diberikan kepada sepuluh kategori perusahaan atau organisasi yaitu: Perusahaan/Organisasi Kecil Jasa; Perusahaan/Organisasi Menengah Jasa; Perusahaan/Organisasi Besar Jasa; Perusahaan Kecil Barang; Perusahaan Menengah Sektor Pangan dan Pertanian; Perusahaan Menengah Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk logam; Perusahaan Menengah Sektor Kimia dan Serba Aneka; Perusahaan Besar Sektor Pangan dan Pertanian; Perusahaan Besar Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk logam; dan Perusahaan Besar Sektor Kimia dan Serba Aneka.



Dengan diadakannya capacity building ini, diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kesamaan persepsi evaluator SNI Award 2015, sehingga dapat diperoleh penerima SNI Award 2015 sebagai roll model bagi perusahaan atau organisasi lain untuk menerapkan standar, dan pada akhirnya diharapkan dapat  meningkatkan jumlah penerap standar di Indonesia.(awg/sgh/put)