Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pengelola Jurnal Standardisasi BSN Menerima Makalah Hasil Penelitian Untuk Dipublikasikan di Jurnal Standardisasi Juli 2015

  • Rabu, 29 April 2015
  • 3204 kali

Jurnal standardisasi merupakan majalah ilmiah yang mempublikasikan hasil penelitian di bidang standardisasi. Jurnal Standardisasi terbuka untuk umum, diterbitkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Publikasi Jurnal Standardisasi dilakukan 3 (tiga) kali dalam setahun pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal Standardisasi telah diakreditasi oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai Majalah Ilmiah dengan nomor akreditasi: 476/AU2/P2MI-LIPI/08/2012. Pengelola Jurnal Standardisasi sejak Maret 2015 telah mengajukan aplikasi Akreditasi Ulang kepada Pusbindiklat LIPI di Cibinong selanjutnya untuk diproses penilaiannya oleh LIPI Jakarta.

Lingkup publikasi Makalah Ilmiah Standardisasi yaitu hasil penelitian meliputi: kebijakan standardisasi nasional, pengembangan standar, harmonisasi standar, penerapan standar (akreditasi, sertifikasi, pengujian, metrologi, inspeksi teknis, pengawasan pra dan pasca pasar, dampak sosial ekonomi di bidang standardisasi), pemasyarakatan standar, dampak regulasi teknis penerapan SNI, dan aspek yang terkait dengan standardisasi. Diharapkan para peneliti dapat menyampaikan hasil Karya Tulis Ilmiah (KTI) bidang standardisasi untuk dipublikasikan pada Jurnal Standardisasi. Penyusunan KTI harus mengikuti pedoman penulisan dan template Jurnal Standardisasi yang tersedia di portal http://ojs.bsn.go.id.

Dalam rangka mencapai tujuan menjadi Jurnal Ilmiah yang terindeks internasional, saat ini pengelolaan Jurnal Standardisasi menggunakan sistem secara online (E-Journal) dengan sistem aplikasi Open Journal System (OJS) yang dapat diakses melalui http://ojs.bsn.go.id. Jurnal Standardisasi, saat ini sudah terindeks pada Google Scholar, ISJD (LIPI) dan Garuda (DIKTI). Untuk itu, Kepala Puslitbang – BSN (Juliantino) menghimbau para peneliti untuk menyampaikan pendaftaran Karya Tulis Ilmiahnya melalui portal http://ojs.bsn.go.id. Pendaftaran KTI sampai dengan publikasi pada Jurnal Ilmiah Standardisasi tidak dipungut biaya (“gratis”).

 

Bagi penulis yang menyampaikan karya tulisnya pada bulan Mei sampai dengan Juni 2015, akan mendapatkan kesempatan untuk dipublikasikan pada bulan Juli 2015. Tetapi bagi penulis yang karyanya disampaikan setelah waktu tersebut, mendapatkan kesempatan untuk dipublikasikan pada Publikasi bulan November 2015 (DAS, NA, BL).

 

Link:

Leaflet Jurnal_2015