Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PERTEMUAN DAN PRESENTASI ILMIAH STANDARDISASI DI UNIVERSITAS SAM RATULANGI - MANADO, JUNI 2015

  • Kamis, 12 Februari 2015
  • 1576 kali

Forum Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) merupakan salah satu sarana pendukung BSN dalam merealisasikan visi dan misinya kepada pemangku kepentingan (stakeholders) khususnya peneliti, pemerhati dan pakar standardisasi. Disisi yang lain bahwa PPIS juga merupakan sarana komunikasi dan wadah presentasi hasil penelitian di bidang standardisasi bagi peneliti/pemerhati/pakar standardisasi. Topik-topik bahasan dalam PPIS 2015 diharapkan memberikan kontribusi untuk pengembangan SNI dan standardisasi nasional. Terutama dalam menghasilkan SNI produk unggulan yang berdaya saing untuk memperkuat posisi Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan mulai berlangsung pada bulan Januari 2016.

 

Guna mendukung kesiapan Indonesia dalam menghadapi MEA maka Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama-sama dengan Universitas Sam Ratulangi menyelenggarakan PPIS 2015 di Manado. Pelaksanaan direncanakan pada tanggal 4 Juni 2015, di Kampus Universitas Sam Ratulangi – Manado. Forum ini direncanakan dapat dihadiri oleh 100 orang peneliti/pemerhati/pakar Standardisasi dari berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, baik dari pusat maupun daerah bahkan internasional jika memungkinkan. Mengingat, Indonesia merupakan negara yang masuk dalam Kawasan Ekonomi ASEAN. Dikatakan oleh Kukuh S. Achmad dalam PPIS yang lalu, strategi lain dalam menghadapi MEA diantaranya berkomitmen untuk mengembangkan kapasitas perdagangan nasional melalui Implementasi dan Pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten untuk mendorong daya saing produk nasional dalam rangka penguasaan pasar domestik dan penetrasi pasar internasional serta melindungi pasar domestik dari barang-barang berstandar rendah.

Karena itu, tema pelaksanaan PPIS di Universitas Sam Ratulangi di Manado yang diusung adalah “Penelitian dan Pengembangan SNI Produk Unggulan yang Berdaya Saing Memperkuat Posisi Indonesia Menghadapi MEA.” PPIS ini direncanakan akan menampilkan 24 Makalah atau Karya Tulis Ilmiah Bidang Standardisasi (KTI) terdiri dari 12 makalah presentasi oral dan 12 makalah poster. Pendaftaran dan penerimaan Makalah/KTI dimulai tanggal 10 Februari – 10 April 2015; selanjutnya pengumuman hasil penilaian makalah direncanakan akan diumumkan secara personal tanggal 24 April 2015.

Jika Anda cinta Indonesia, marilah berpartisipasi memajukan produk unggulan Indonesia dan mengembangkannya sehingga mampu bersaing di masa pemberlakuan berbagai perdagangan bebas termasuk MEA dan mengejawantahkannya dalam penerapan standardisasi (khususnya SNI), penilaian kesesuaian dan metrologi, serta berperan aktif dalam pelaksanaan PPIS Manado. Pendaftaran peserta pertemuan dan peserta pemakalah PPIS Manado tidak dikenakan biaya dan dapat dilakukan melalui Sekretariat PPIS.

 

 

Download link:

Form Pendaftaran Peserta PPIS Manado 2015 pdf