Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Revisi ISO 14001 Telah Masuk Tahap Akhir

  • Selasa, 03 Februari 2015
  • 1371 kali

ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan telah menjadi Final Draft International Standard (FDIS) - tahap berikutnya dalam proses revisi standar ISO (International Organization for Standardization)- setelah pada akhir 2014, Draft International Standard (DIS)-nya mendapat persetujuan yang mengesankan yaitu 92%.

Setiap tiga sampai lima tahun, semua standar ISO menjalani kaji ulang untuk menjaga atau memastikan relevansi dan kemutakhirannya. Dalam wawancara melalui video conference, Dr. Anne-Marie Warris, Ketua subkomite 1 ISO TC 207 – Sistem Manajemen Lingkungan, menjelaskan perubahan utama dari standar ISO 14001 dan langkah-langkah selanjutnya.

"ISO 14001 adalah standar lingkungan yang kritis," kata Anne-Marie. "Salah satu yang menarik adalah bahwa semua masalah lingkungan, baik itu air, udara, iklim, tanah, membutuhkan organisasi untuk memikirkan semua ini dalam cara yang holistik."

Revisi saat ini adalah langkah penting dalam evolusi standar dengan beberapa perbaikan pada edisi sebelumnya. Beberapa perubahan ini didasarkan pada survei pengguna yang dilakukan oleh Komite Teknis, yang menerima lebih dari 5000 tanggapan dari 110 negara. Akibatnya, versi terbaru standar ini lebih fokus pada:


1.    Pengelolaan lingkungan strategis (Strategic Environmental Management)
2.    Kepemimpinan (Leadership)
3.    Melindungi lingkungan (Protecting the Environment)
4.    kinerja lingkungan (Environmental Performance)
5.    Cara Berpikir Life-Cycle (Life-cycle thinking)

ISO 14001 sekarang telah menjadi Final Draft International Standard. Ini berarti bahwa para ahli yang terlibat dalam revisi standar ini akan membahas semua tanggapan yang diterima selama konsultasi publik sebelumnya (DIS) pada pertemuan berikutnya mereka di Tokyo pada 02-07 Februari 2015. Hasilnya akan menjadi rancangan akhir, yang akan diajukan untuk pemungutan suara (Voting). Setelah disetujui, standar akan dipublikasikan, diharapkan selesai pada akhir 2015.


Diterjemahkan oleh hary (haryanto@bsn.go.id) dari sumber asli di http://www.iso.org/iso/home/news_index/news_archive/news.htm?refid=Ref1928

Video dapat diakses di http://youtu.be/fb1I6ro80HM