Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

BSN/KAN Menyelenggarakan Pelatihan Asesor Laboratorium SNI ISO/IEC 17025 : 2008

  • Rabu, 03 Desember 2014
  • 900 kali

Selanjutnya disampaikan materi oleh SekJen KAN, Drs. Suprapto, MPS yang memaparkan mengenai mengenai sistem akreditasi, dimana salah satu elemen penting yang sangat menentukan serta berperan dalam menghasilkan proses akreditasi Lembaga Penilaian Kesesuaian adalah Asesor. Asesor harus mampu memiliki kompetensi yang memadai dan komprehensif terhadap setiap perkembangan perdagangan global yang mutakhir.

Para calon asesor dalam pelatihan ini harus memiliki kompetensi terkait skema akreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 sehingga mampu melaksanakan akreditasi yang mampu meningkatkan pengakuan dan keberterimaan penilaian kesesuaian yang terkait. Akreditasi merupakan salah satu pilar mutu yang sangat penting dalam globalisasi. Terlebih pada tahun 2015 mendatang Indonesia akan masuk dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean), yang dituntut untuk menciptakan dan mengedepankan mutu suatu produk.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh KAN ini di hadiri oleh 40 peserta yang berasal dari berbagai instansi lembaga pemerintah, swasta dan perguruan tinggi yang terdiri dari bidang kimia pangan, kimia lingkungan, mikrobiologi, veteriner, bioteknologi,  mekanik, kelistrikan,  dan kalibrasi. Acara diisi dengan berbagai materi terkait dengan SNI ISO/IEC 17025:2008.  Acara diisi oleh para pakar yang kompeten di bidang laboratorium. (msw)




­