Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Menteri Nasir Minta Kepala Daerah Dorong Pengusaha Lokal Lakukan Standardisasi

  • Rabu, 12 November 2014
  • 1246 kali

 

Jakarta - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi‎ M Nasir hari ini membuka acara "Indonesia Quality Expo 2014" yang diprakarsai oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN). Dalam acara yang bertajuk "Dengan SNI berjaya di Era Pasar Bebas Asean" ini, Nasir ingin Indonesia jadi motor penggerak ekonomi di ASEAN.

"Pasar bebas disepakati akan dimulai 31 Desember 2014. Kita bangsa besar di ASEAN, sudah seharusnya Indonesia jadi motor penggerak ekonomi di ASEAN, tentu kita harus mampu mencapai kemandirian di bidang ekonomi," kata Nasir dalam sambutannya di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (12/11/2014).

Acara yang digelar dalam rangka Bulan Mutu Nasional ini akan digelar hingga Jumat (14/11/2014). Dalam kesempatan itu, hadir juga sejumlah kepala daerah seperti Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Walikota Tasikmalaya dan serta Rektor Universitas Surabaya dan Universitas Sriwiyaja.

Nasir mengatakan, untuk meningkatkan mutu dan standar produk nasional agar memiliki daya saing, seluruh elemen harus dapat bersinergi. Pemerintah Daerah harus dapat mendorong masyarakat untuk meningkatkan produk di daerahnya masing-masing.

‎"Harus menjalankan fungsinya secara sinergis, Pemda yang berada dekat dengn masyarakat, harus efektif untuk mendorong peningkatan di daerahnya. ‎ Pelaku usaha harus secara aktif untuk meningkatkan produknya, agar bahkan dapat melampaui Standar Nasional Indonesia bahkan Internasional," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nasir juga memberikan saran kepada Pemerintah Daerah seperti Gubernur dan Walikota untuk mencoba mewajibkan seluruh produk dilakukan standarisasi.

"Saran saya kepada Gubernur, Walikota, mencoba mewajibkan seluruh produk untuk dicoba dilakukan standarisasi, harapannya masyarakat terdorong untuk membuat produk standar yang diinginkan pasar," tuturnya.

 

sumber: http://news.detik.com/read/2014/11/12/114252/2746012/10/menteri-nasir-minta-kepala-daerah-dorong-pengusaha-lokal-lakukan-standarisasi (diakses pada hari Rabu, 12 November 2014)




­