Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Memperingati Hari Standar Sedunia, 14 Oktober 2014

  • Selasa, 14 Oktober 2014
  • 1404 kali

Setiap tahun pada tanggal 14 Oktober, para anggota International Organizatoon for Standardization (ISO), Intenational Electrotechnical Commission (IEC) dan International Telecomunication Union (ITU) merayakan Hari Standar Dunia, sebagai bentuk penghargaan bagi ribuan orang yang tersebar di seluruh dunia yang telah terlibat dalam penyusunan standar, dalam rangka meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai anggota dari ISO dan IEC turut memperingati Hari Standar Sedunia tersebut, salah satunya adalah melalui rangkaian kegiatan Bulan Mutu Nasional, dimana puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 November 2014 di Jakarta Convention Center (JCC)


Setiap tahun, tema yang diangkat untuk memperingati Hari Standar Sedunia berbeda-beda. Untuk tahun 2014, tema yang diangkat adalah Standards level the playing field. Yang istimewa, poster dan tema yang dijadikan tema Hari Standar Sedunia untuk tahun 2014 ini adalah merupakan karya dari anak bangsa Indonesia, yaitu Damar Panji Wijaya. Damar berhasil menerima mayoritas suara dalam kompetisi poster Hari Standar Dunia tahun ini, dan  menyisihkan ratusan karya desainer dari hampir seluruh negara.


Damar yang sedang belajar Komunikasi di Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta, menjelaskan inspirasi di balik desain tersebut: "Ide saya untuk desain datang dari pandangan bahwa konsumen dan produsen menuntut keuntungan dan kesempatan yang sama terhadap produk yang dibeli atau yang dihasilkan, dan standar internasional merupakan instrumen penting dalam membuat hal ini mungkin terjadi. Saya mencari gambar yang bisa mewakili, baik untuk unsur  'kesempatan yang sama' danunsur 'bermain / berperan', dan akhirnya saya menemukannya pada gambar dengan dadu bernomor sama. Saya juga mencoba untuk mempertahankan kesederhanaan dalam desain, sehingga akan lebih mudah bagi orang untuk tetap fokus pada pesannya.”


Atas hasil jerih payahnya, Damar berhasil memenangkan uang sejumlah  CHF 1. 500 dari  IEC, ISO dan ITU, tiga organisasi pengembang standar internasional yang tergabung dalam World Standards Cooperation(WSC)  Desainnya akan digunakan di seluruh dunia untuk merayakan Hari Standar Sedunia pada 14 Oktober 2014.
Berikut pesan ISO, IEC dan ITU tentang Hari Standar Sedunia serta Posternya:

Dr. Junji Nomura
IEC President

Terry Hill
ISO President

Dr. Hamadoun I.TOURÉ
ITU Secretary-General

 

We are living in a world that is undergoing profound transformations at all levels. Economies have never been more interdependent. Today, products that are consumed in one market are no longer made in one country; they are made in the world. Before they get to the end-consumer, they transit through many countries where manpower or parts add value to the final product.


Small and medium enterprises that use international standards will find it easier to get their products certified and are better able to compete and sell anywhere in the world. With international standards SMEs are able to take part in global value chains and benefit from technology transfer.


Countries that have mainstreamed international standards in their policies and regulations are able to better protect their populations and give them a bigger choice of quality products.


In a multi-polar world, where the influence and economic weight of emerging economies is shifting the balance of power, international standards stimulate trade, overcome artificial trade barriers and help level the playing field. This makes companies, industries and economies more competitive, making it easier for them to export, and stimulates diversification nationally and internationally.