Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

PENTINGNYA PERTEMUAN & PRESENTASI ILMIAH STANDARDISASI DI JAKARTA DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN

  • Senin, 08 September 2014
  • 1980 kali

Dalam rangka mendukung pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 dan pentingnya pengembangan berbagai penelitian bidang standardisasi,  Deputi Bidang Penelitian dan Kerjasama Standardisasi, Drs. Kukuh S. Achmad, MSc, dalam pertemuan terbatas dengan jajarannya, menginstruksikan perlunya pelaksanaan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) diselenggarakan di DKI Jakarta. Selanjutnya Pusat Penelitian dan Pengembangan Standardisasi (Puslitbang) - Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang menjadi bagian jajaran beliau, menyelenggarakan PPIS yang direncanakan akan diselenggarakan pada hari Kamis, 13 November 2014 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta.

Tema PPIS di DKI Jakarta ”Penelitian dan Pengembangan Standardisasi Meningkatkan Daya Saing Produk Nasional Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Hal ini sejalan dengan pemaparan yang disampaikan oleh Kukuh S. Achmad beberapa waktu lalu dalam PPIS di Surabaya, tanggal 19 Juni 2014. Dikatakan beliau bahwa untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 diperlukan adanya Harmonisasi Standar, Saling Pengakuan Hasil Penilaian Kesesuaian, dan Harmonisasi Regulasi. Untuk mendukung aktivitas tersebut, maka BSN mempunyai Strategi Standardisasi Nasional 2015 – 2025 dengan misi menciptakan keunggulan kompetitif, sebagai platform bagi inovasi, membuka akses pasar produk nasional ke pasar global, meningkatkan kepercayaan terhadap produk nasional di pasar domestik, dan melindungi kepentingan publik dan lingkungan. Disamping itu BSN memiliki pula 8 (delapan) program pengembangan standardisasi nasional 2015  -  2025 yang diantaranya adalah penguatan penelitian dan kerja sama standardisasi (mutu).

Karena itu, peran penelitian standardisasi khususnya yang terkait dengan hal tersebut sangat penting,  dan PPIS-lah yang merupakan Forum Komunikasi dan Presentasi Ilmiah Standardisasi yang bertujuan melaksanakan Sosialisasi dan Desiminasi Hasil-hasil Penelitian di Bidang Standardidsasi dari berbagai pemangku kepentingan (Stakeholders) standardisasi pun sangat penting diselenggarakan. Untuk itu diperlukan peran-serta peneliti/pemerhati/pakar standardisasi dan pemangku kepentingan untuk berpartisipasi sebagai pemakalah dan peserta pendengar PPIS Jakarta agar Karya Tulis Ilmiah (KTI) dalam forum ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI), Metrologi, Penilaian Kesesuaian dan Mutu berbasis SNI serta penerapannya dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Nasional Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Peserta merangkap presenter dapat menampilkan Makalah KTI bidang Standardisasi dalam bentuk Presentasi Oral atau Makalah Poster dan berhak dipublikasikan dalam Prosiding untuk meningkatkan kompetensi kepakarannya.

 

Kesuksesan pelaksanaan PPIS ini, tidak terlepas dari peran aktif seluruh peneliti standardisasi, karenanya partisipasi aktif peneliti dalam penyampaian KTI sangat dinanti-nantikan agar dapat memajukan daya saing produk Indonesia di mata dunia dan ASEAN khususnya.

 

Link:

1. Brosur PPIS Jakarta

2. Form Pendaftaran Peserta PPIS Jakarta (Bentuk word klik di engine download)