Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Visi BSN Tahun 2015 � 2019: SNI Sebagai Penguat Daya Saing dan Kualitas Hidup Bangsa

  • Senin, 05 Mei 2014
  • 7320 kali

Untuk menyongsong Rencana Pembangunan Jangka Menengah tahap ketiga 2015-2019, dimana Pembangunan Nasional diarahkan untuk memantapkan pembangunan secara menyeluruh dengan menekankan pembangunan keunggulan kompetitif perekonomian yang berbasis SDA yang tersedia, SDM yang berkualitas, serta kemampuan IPTEK, BSN tengah merancang Rencana Strategis 2015-2019, yang antara lain memuat visi, misi, tujuan, strategi, kebijakan, program, dan kegiatan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi BSN.

 

Serangkaian kegiatan telah dilakukan antara lain melalui Rapat Koordinasi Nasional Standardisasi pada tanggal 12 Nopember 2013 yang telah melibatkan seluruh stakeholder standardisasi yang menghasilkan Strategi Nasional Standardisasi, menjadi acuan utama dalam penyusunan Resntra BSN. Disamping itu narasumber baik dari pemerintahan maupun non-pemerintahan turut memperkaya perspektif Renstra BSN kedepan. Penggodogan secara internal oleh Pimpinan BSN yang meliputi Eselon I, II dan III membahas Visi dan Misi BSN guna menghadapi tantangan dan peluang yang akan dihadapi pada periode 2015 – 2019.

 

Kepala BSN Prof. Dr. Bambang Prasetya dalam pengantarnya  menyambut baik  acara pembahasan visi dan misi BSN 2015 – 2019 ini sehingga diharapkan tujuan dan sasaran BSN dalam jangka waktu 5 tahun mendatang  tepat sasaran, tepat waktu, dan harapan masyarakat terhadap BSN sebagai lembaga yang mengembangkan standardisasi di Indonesia tercapai.

Sementara dalam penetapan Visi beberapa hal yang mendasar dan perlu diperhatikan antara lain Measurable sehingga anggota organisasi bisa mengukur apakah tindakan yang dilakukan mendukung visi organisasi atau tidak. Inspiratif membuat anggota organisasi terinspirasi dalam setiap tindakan yang dilakukannya serta harus jelas dan tidak terlalu abstrak serta mudah di mengerti menurut Dr. Haryanto, SE, MA  Perencana Utama - Bappenas sebagai narasumber dalam acara pembahasan tersebut.
 
Pada acara pembahasan tersebut anggota yang hadir diminta memberikan masukkan beberapa usulan Visi dan misi  yang akan ditetapkan yang sebelumnya melalui proses koreksi bersama terlebih dahulu.
Forum menetapkan Visi dan Misi BSN Tahun 2015 – 2019, sebagai berikut:

1. Visi
    SNI Sebagai Penguat Daya Saing dan Kualitas Hidup Bangsa

2. Misi

    1. Mengembangkan kebijakan standardisasi dan penilaian kesesuaian  berbasis iptek dan sistem internasional .
    2. Meningkatkan penerapan kebijakan standardisasi dan penilaian kesesuaian untuk mendukung penguatan daya saing nasional.
    3. Membangun budaya standar dalam rangka melindungi keselamatan, keamanan dan kesehatan masyarakat.
    4. Mengembangkan sistem pengendalian dan evaluasi pelaksanaan kebijakan dan penerapan standardisasi dan penilaian kesesuaian.  (Heru/One)