Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Puslitbang BSN dan ITS Merintis Program Kerjasama Penelitian Standardisasi

  • Kamis, 10 April 2014
  • 1523 kali

Dalam menghadapi era globalisasi perdagangan, standar diperlukan sebagai salah satu alat (tools) yang dapat dijadikan sebagai hambatan non tarif (non tariff barrier) untuk membendung produk-produk impor sub standar yang diperdagangkan. Selain perdagangan, pengembangan inovasi teknologi juga memerlukan dukungan standar untuk menjamin kinerja, daya saing, dan keamanan dari produk inovasi yang dihasilkan. Standar diharapkan bukan merupakan hambatan dalam inovasi produk akan tetapi dapat membantu inovasi agar tidak mengalami kegagalan pada saat produk inovasi tersebut dipasarkan kepada  konsumen. Oleh karena itu, pengembangan standardisasi dalam  inovasi produk  perlu didasarkan pada hasil-hasil penelitian terkait standardisasi. Badan Standardisasi Nasional (BSN) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang memiliki tugas pokok mengembangkan dan membina kegiatan standardisasi nasional di Indonesia perlu melakukan kerjasama  penelitian dengan instansi teknis sebagai mitra kerjasama terkait pengembangan standardisasi di Indonesia. Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Standardisasi  BSN sebagai garda depan penelitian standardisasi di lingkungan BSN telah mencanangkan program kerjasama penelitian yang akan segera dilakukan dengan perguruan tinggi/universitas  di indonesia untuk periode tahun 2015. Kerjasama penelitian yang akan dilaksanakan antara Puslitbang Standardisasi BSN dengan Intitut Teknologi Sepuluh November (ITS) merupakan  tindaklanjut dari MoU kerjasama antara BSN dengan ITS pada tahun 2009. Sebagai langkah awal program kerjasama penelitian, Puslitbang BSN melaksanakan kunjungan penjajakan kerjasama penelitian standardisasi dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) pada tanggal 3 April 2014 bertempat di Gedung BKIBV Kampus ITS, Sukolilo Surabaya.

Puslitbang Standardisasi BSN  diwakili oleh  Ir. Bendjamin B. Louhenapessy M.H, Kepala Bidang Evaluasi dan Kerjasama Penelitian dan Ary Budi Mulyono, S.T, Peneliti Standardisasi.  Pembahasan program kerjasama di Kampus ITS Surabaya diwakilkan kepada  Raja Oloan Saut Gurning, ST, M.Sc, Ph.D  selaku Kepala Badan Inovasi dan Bisnis Venture sekaligus sebagai perwakilan LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  ITS. Dalam kunjungan tersebut, dipaparkan Proposal Kerjasama Penelitian yang telah dipersiapkan oleh Puslitbang Standardisasi – BSN dan yang akan dilakukan dengan pihak ITS, dalam rangka pengembangan Standar Nasional Indonesia (SNI). Disamping itu dijelaskan pula mengenai petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan, tata cara pengajuan proposal, teknis pelaksanaan penelitian, dan monitoring - evaluasi hasil kerjasama penelitian.

Menanggapi rencana kerjasama penelitian yang akan dilakukan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menyambut baik dan menyatakan keinginan untuk mengadakan kerjasama penelitian (joint research) dalam bidang standardisasi. Kerjasama penelitian yang diusulkan oleh ITS difokuskan kepada pengembangan standar terkait transportasi berbasis energi terbarukan dan ramah lingkungan. Hal ini dipandang perlu dikarenakan semakin berkembangnya teknologi transportasi berbasis energi ramah lingkungan yang perlu diimbangi oleh pengembangan standar. Judul-judul penelitian yang akan dikembangkan dalam program kerjasama meliputi “Penelitian Standardisasi Terkait Kebutuhan SNI untuk Low Cost Green Car (LCGC); Kebutuhan Standar Terkait Pengembangan Motor Bertenaga Baterai; Kebutuhan Standar Terkait Pengembangan Motor Berbahan Bakar Gas; dan Kebutuhan Standar Low Cost Green Car (LCGC) Berbahan Bakar Biofuel“. Puslitbang Standardisasi BSN mengharapkan kerjasama penelitian antara kedua belah pihak dapat segera dikembangkan dalam persiapan program kerja tahun 2015 yang akan diusulkan kepada pemerintah sekitar bulan Juli 2014. Rencana program kerjasama penelitian tersebut juga akan dilandasi Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua pihak yang melakukan kerjasama penelitian.

Selain penjajakan rencana kerjasama penelitian, kunjungan Puslitbang Standardisasi BSN dilakukan dalam rangka membahas persiapan pelaksanaan kegiatan Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi (PPIS) yang akan diselenggarkan pada tanggal 19 Juni 2014 bertempat di Hotel J.W Marriott Surabaya. Dalam kegiatan tersebut, direncanakan akan dilangsungkan penandatanganan Nota Kesepahaman Kerjasama Penelitian antara Puslitbang BSN dengan ITS. Diharapkan dengan kerjasama penelitian ini dapat meningkatkan pengembangan standardisasi dalam mendukung inovasi produk dan dapat lebih meningkatkan kualitas penelitian standardisasi. Sebagai tindak lanjut dari penjajakan kerjasama penelitian ini, akan dilakukan pertemuan pembahasan lanjutan program kerjasama penelitian yang akan dilaksanakan pada bulan Juni 2014 di Kampus ITS, di Surabaya (ABM & BBL)