Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Rapat Perdana Dewan Juri SNI Award 2014

  • Senin, 03 Maret 2014
  • 1116 kali

Badan Standardisasi Nasional (BSN) bersama dengan pemangku kepentingan standardisasi akan menyelenggarakan SNI Award 2014. Seperti diketahui, SNI Award adalah penghargaan tertinggi dari Pemerintah RI yang diberikan kepada perusahaan/industri/organisasi yang konsisten menerapkan SNI. Penyelenggaraan SNI Award 2014 ini merupakan yang ke-10 kalinya dilakukan semenjak tahun 2005. SNI Award sebagai salah satu sarana yang digunakan oleh BSN dalam mendorong penerapan SNI. 

 

Sehubungan dengan hal tersebut, bertempat di Hotel Santika Jakarta (28/02/2014) diselenggarakanlah Rapat dewan Juri SNI Award 2014. Dalam agenda rapat ini salah satunya adalah mengkaji kembali dan menentukan Syarat dan Aturan Pelaksanaaan SNI Award 2014. Dibuka oleh Deputi Bidang Penerapan Standar dan Akreditasi BSN-Suprapto, rapat dihadiri oleh perwakilan dari para asosiasi, praktisi dan pemerintah.  Selanjutnya rapat dipimpin oleh Bapak Didie B Tedjosumirat selaku Wakil Ketua Dewan Juri. Dalam rapat ini juga dihadiri oleh Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi-Dewi Odjar Ratna Komala yang memberikan presentasinya mengenai strategi dalam melakukan rekruitasi peserta SNI Award 2014 sehingga diharapkan untuk tahun 2014 ini peserta yang ikut SNI Award akan mengalami peningkatan jumlah yang cukup baik seperti tahun sebelumnya.

Dewan juri juga mengharapkan agar masyarakat dapat lebih mengetahui Manfaat SNI Award, antara lain: 

1. Peserta dapat menggunakan kriteria SNI Award sebagai acuan peningkatan kinerja perusahaan/organisasi.

2. Peserta dapat memperluas wawasan standardisasi dan memperluas mitra kerja dengan BSN dan instansi terkait lainnya.

3. Peserta mendapat kesempatan untuk dievaluasi tingkat kinerjanya berdasarkan kriteria SNI Award tanpa dipungut biaya.

4. Peserta mendapat umpan balik dari hasil evaluasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja perusahaan/organisasi.

5. Penerima penghargaan SNI Award diberi peluang untuk mengikuti forum internasional dibidang standardisasi.

 

Peserta tidak dikenakan biaya terkait proses pendaftaran dan evaluasi termasuk penilaian lapangan.Kategori Peserta untuk SNI Award 2014 masih sama seperti Tahun 2013 dimana dibagi menjadi sepuluh kategori yaitu: 


1. Perusahaan/Organisasi Kecil Jasa 

2. Perusahaan/Organisasi Menengah Jasa 

3. Perusahaan/Organisasi Besar Jasa 

4. Perusahaan Kecil Barang 

5. Perusahaan Menengah Sektor Pangan dan Pertanian (makanan; minuman; hasil pertanian; perikanan; peternakan; perkebunan; dan lain-lain yang sejenis)

6. Perusahaan Menengah Sektor Elektroteknika, Logam dan Produk logam (kelistrikan; elektronika; alat kesehatan; baja; aluminium; besi; nikel; mesin dan perkakas; dan lain-lain yang sejenis)

7. Perusahaan Menengah Sektor Kimia dan Serba Aneka (produk kimia; pupuk; produk semen; karet dan produk karet; pulp dan kertas;  tekstil dan produk  tekstil; kulit dan produk kulit; produk kayu; plastik dan produk plastik; keramik; kaca; dan lain-lain yang sejenis)

8. Perusahaan Besar Sektor Pangan dan Pertanian (makanan; minuman; hasil pertanian; perikanan; peternakan; perkebunan; dan lain-lain yang sejenis)

9. Perusahaan Besar Sektor Elektroteknika, logam dan produk logam (kelistrikan; elektronika; alat kesehatan; baja; aluminium; besi; nikel; mesin dan perkakas; dan lain-lain yang sejenis)

10. Perusahaan Besar Sektor Kimia dan Serba Aneka (produk kimia; pupuk; semen dan produk semen; karet dan produk karet; pulp dan kertas; tekstil dan produk tekstil; kulit dan produk kulit; produk kayu; plastik dan produk plastik; keramik; kaca; dan  lain-lain yang sejenis)

Pendaftaran SNI Award 2014 akan dibuka pada tanggal 10 Maret 2014. Dokumen berikut dapat diunduh pada www.bsn.go.id (mulai tanggal 10 maret 2014) :- Syarat dan Aturan SNI Award 2014- Kuesioner Kriteria SNI Award 2014- Lembar Pendaftaran- Lembar Pernyataan tidak terlibat hukum

 

Informasi SNI Award 2014 dapat menghubungi:

 

Sekretariat SNI AwardPusat Sistem Penerapan Standar- BSN

Gedung Manggala Wanabakti Blok IV Lantai 4

Jl. Jend. Gatot SubrotoSenayan – Jakarta Pusat 10270

Telepon : 021–5747043, 5747044 ext. 256 Faksimili : 021–5747045

Cp. Yuli     0817160445     

Tegar 081931808881