Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kuliah Pembuka Program Master (S2) �Standardization, Social regulation and Sustainable Development� di University of Geneva, Swiss

  • Selasa, 18 Februari 2014
  • 4280 kali

Kuliah Pembuka Semester Akademik 2014
Program Master (S2) “Standardization, ocial regulation and sustainable development” di University of Geneva, Swiss

“2052” THE ODYSSEY OF SUSTAINABILITY - A Global Forecast for the Next Forty Years
oleh Professor Jørgen Randers (pakar “Sustainability” yang diakui dunia, penulis buku “2052” yang meraih world best seller)

 


Program Master (S2) “Standardization, Social Regulation and Sustainable Development” di University of Geneva di Swiss  akan menyelenggarakan kuliah pembuka semester akademik 2014 pada hari Rabu, tanggal 18 Februari 2014 pukul 18.30 waktu Jenewa atau Kamis tanggal 19 Februari 2014 pukul 00.30 WIB. Kuliah ini terbuka untuk umum dan disiarkan ke seluruh dunia secara online melalui:


http://cdn.livestream.com/embed/unige?layout=4&color=0xe7e7e7&autoPlay=true&mute=false&iconColorOver=0x888888&iconColor=0x777777&allowchat=true&height=385&width=640

Kuliah dibawakan dalam bahasa Inggris dan secara bersamaan diterjemahkan dalam bahasa Perancis. Kuliah ini juga akan direkam sehingga bagi yang tidak dapat mengikuti misalnya karena terkendala waktu tetap dapat menyaksikan rekamannya.

 

Tentang Professor Jørgen Randers.

1. Norwegian academic, professor of climate strategy at the BI Norwegian Business School, and practitioner in the field of future studies.

2. Pakar “Sustainability” yang diakui dunia, Anggota Club of Rome, yaitu sebuah lembaga pemikir global yang didirikan di Roma tahun 1968, dengan fokus pada isu-isu besar dunia yang akan mempengaruhi arah peradaban dunia. Anggota Club of Rome meliputi para pakar dari berbagai disiplin ilmu, pengusaha, politisi, diplomat, dan para pemimpin dunia. Beberapa anggota aktif di antaranya: Mikhail Gorbachev, Ratu Beatrix dari Belanda, Fernando Henrique Cardoso, dan Javier Solana;

3. Penulis buku “2052” yang meraih world best seller. Bukunya tentang perkiraan dunia 40 tahun mendatang berdasarkan hasil riset para pakar. Berisi perkiraan tentang populasi, konsumsi, energy, CO2, ekologi dan gizi serta perkiraan non-fisik missal tentang turunnya PDB global, dan lain sebagainya.

Salah satu pendapatnya dalam buku ini mengatakan bahwa pergeseran dari 1 sampai 2% dari angkatan kerja dan pasar modal global ke “ekonomi bersih” akan cukup untuk mengurangi emisi CO2 ke tingkat yang dapat diterima untuk menjamin keberlanjutan planet kita. Namun, redistribusi ini tidak mungkin terjadi, karena fokus jangka pendek masyarakat demokratis dan kapitalis;

4. Co-author buku “the Limit of Growth” terbit pada tahun 1972. Buku ini memaparkan hasil riset bahwa sumber daya alam di bumi ini semakin menipis. Perkara ini kemudian mereka asumsikan sebagai akibat negatif dari pesatnya pertumbuhan penduduk dunia. Buku ini best-seller dalam waktu sekejap dan telah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa serta terjual lebih dari 30 juta copy.

 

Tentang Program Master “Standardization, social regulation and sustainable development” di University of Geneva, Swiss

Program Master yang diinisiasi oleh ISO (Organisasi Internasional untuk Standardisasi) bekerja sama dengan University of Geneva. Kelas pertama dimulai pada tahun 2011 berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Sosial. Tujuan dari program ini adalah menghasilkan mahasiswa tingkat master yang memiliki kompetensi di bidang standardisasi, pembangunan berkelanjutan dan regulasi sosial melalui satu kurikulum. Sampai saat ini sudah 2 (dua) putri Indonesia menimba ilmu di program ini yaitu Laila Sukma Dinda yang lulus pada November 2013 (founder of Going Global Indonesia,  www.goingglobalindonesia.com) dan Ike Permata Sari (Pegawai Badan Standardisasi Nasional, profile linkedin di http://id.linkedin.com/pub/ike-permata-sari/41/254/740)