Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Pesan Hari Standar Sedunia

  • Senin, 14 Oktober 2013
  • 1310 kali

Pesan Hari Standar Sedunia
14 October 2013
Standar Internasional Memastikan Perubahan Positif

 

 


Saat ini masyarakat internasional menghadapi pergeseran pasar global serta kebutuhan untuk menyeimbangkan solusi untuk tantangan makro - ekonomi dengan respon terhadap perubahan iklim.  Dalam lingkungan yang kompleks ini, standar internasional adalah alat yang kuat untuk   mengarahkan perubahan positif dengan  spesifikasi terperinci yang dapat membuka pasar global, menciptakan lingkungan yang mendukung bisnis, memacu pertumbuhan ekonomi dan membantu menanggulangi serta beradaptasi dengan perubahan iklim .

Standar internasional mewakili pandangan konsensus para ahli terkemuka di dunia dalam sektor industri mulai dari penggunaan dan efisiensi energi hingga transportasi, sistem manajemen, perubahan iklim, kesehatan, keselamatan serta teknologi informasi dan komunikasi ( TIK ). Dengan berbagi pengetahuan secara sukarela untuk kepentingan umum, para ahli di bidang tersebut dan  bidang lainnya, bersama-sama  dengan semua negara di dunia menciptakan standar  dengan berbagi inovasi dan dengan demikian menyediakan landasan yang kokoh bagi perubahan positif  untuk kalangan bisnis, pemerintah dan masyarakat.  

Standar mendukung pertumbuhan ekonomi yang pesat di negara-negara berkembang dengan menguraikan praktik terbaik yang memungkinkan mereka untuk menghindari "reinventing the wheel ".  Mengingat korelasi kuat antara pertumbuhan ekonomi dan urbanisasi, standar menjadi semakin penting dalam membantu mengembangkan infrastruktur kota yang lebih cerdas dan berkelanjutan, menjadikannya  tempat yang lebih baik untuk tinggal.

Standar internasional memastikan bahwa produk, jasa dan lingkungan menjadi lebih mudah di akses oleh penyandang cacat.

Standar juga digunakan sebagai alat untuk membantu mengurangi perubahan iklim dengan meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi limbah dan emisi gas rumah kaca. Standar berbagi praktek terbaik dalam pembangkit energi terbarukan, memberikan persyaratan dan proses mutakhir untuk pembuangan limbah dan daur ulang, dan alat untuk meningkatkan efisiensi dan kelestarian lingkungan di semua sektor industri .

Badan standar internasional seperti IEC, ISO, dan ITU menyediakan keselarasan antara sejumlah besar standar nasional dan regional; dengan demikian bisa mengharmonisasi  praktik terbaik global, menghilangkan hambatan teknis perdagangan, dan mendorong berbagi kemajuan sosial-ekonomi .

Semua manfaat ini pada akhirnya ditujukan  kepada konsumen dalam bentuk pilihan yang lebih luas, peningkatan kualitas dan harga yang lebih murah.

Saat ini, IEC, ISO dan ITU  menggunakan  manfaat teruji dari standardisasi untuk menjadi perantara bagi konsensus global dengan pendekatan terbaik terhadap tantangan sosial, ekonomi dan lingkungan kontemporer. Prinsip-prinsip yang mendasari standardisasi internasional saat ini lebih relevan daripada sebelumnya. Standar terus memastikan perubahan positif dengan menghilangkan hambatan komunikasi dan kerjasama, dan IEC, ISO dan ITU tetap menjadi pusat bagi pengembangan standar yang berbagi pengetahuan di antara semua negara di dunia serta dengan demikian memberikan elemen dasar bagi kesejahteraan global.