Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Iptek Voice : Mari Sukseskan Indonesia Quality Expo 2013

  • Kamis, 19 September 2013
  • 968 kali

Bulan Oktober mendatang, Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan mengadakan kegiatan nasional yakni Indonesia Quality Expo (IQE) 2013. Kegiatan yang dipusatkan di Jakarta Convention Center ini, dilakukan dalam rangka memperingati Bulan Mutu Nasional dan Hari Standar Dunia 2013. Berbagai kegiatan yang terangkai dalam IQE, rencananya akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.


Deputi Bidang Informasi dan Pemasyarakatan Standardisasi, Dewi Odjar Ratna Komala, dalam Iptek Voice RRI-Pro 4 FM di Jakarta (19/09/2013) mengatakan, seluruh kegiatan dalam IQE dari tanggal 17 – 19 Oktober 2013, sangat menarik dan mengangkat isu terkini. Seminar Nasional Standardisasi misalnya. Akan membahas dua hal,  yang pertama, tentang system manajemen energy. Di sini, akan hadir sebagai pembicara dari dalam dan luar negeri. Diantaranya dari ISO, United Nations Industrial Development Organization-UNIDO dan The International Electrotechnical Commission (IEC).

Yang kedua, seminar akan membahas tentang ASEAN Economics Community (AEC) yang akan berlaku pada tahun 2015. Dalam sesi ini akan menampilkan pembicara dari ASEAN, Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional – Kementerian Perdagangan, serta Gabungan Pengusaha Elektronik (GABEL). 


Kemudian, Pertemuan Presentasi Ilmiah Standardisasi yang mempresentasikan berbagai hasil penelitian yang terkait dengan standardisasi. Para peneliti dari berbagai kampus dan lembaga litbang (penelitian dan pengembangan) juga akan berdiskusi mengenai dunia litbang di bidang standardisasi.

Kegiatan-kegiatan lain diantaranya Temu Nasional Masyarakat Standardisasi yang akan membahas “Smart City”; Forum Pendidikan Standardisasi;  Temu Panitia/Sub Panitia teknis perumus SNI; Temu Panitia/Sub Panitia teknis perumus SNI; Malam Penganugrahan SNI Award sebagai bentuk apresiasi bagi perusahaan yang konsisten menerapkan SNI dan memiliki kinerja yang baik; dan tentunya tak ketinggalan Pameran produk dan Infrastruktur Mutu.

 

Dewi berharap, stakeholder yang perduli terhadap standardisasi di Indonesia, bisa ikut ambil bagian dalam rangkaian kegiatan tersebut. Dewi mengingatkan, pemberlakuan AEC sudah tidak akan lama lagi. Dan sebagai masyarakat Indonesia, harus siap menghadapi hal itu. “Masyarakat sekarang semakin cerdas, mereka akan memilih produk yang berkualitas, sehingga perusahaan sekarang dituntut untuk beroperasi secara efisien dan mengurangi resiko biaya tinggi, dan ini bisa dilakukan dengan menerapkan standar” katanya.

 

Sudah bukan waktunya lagi untuk berbangga menggunakan produk luar negeri. Dan,”Kita harus mencintai produk dalam negeri, produk Indonesia, yang bisa menembus pasar internasional sehingga ketika pemberlakuan AEC efektif, kita tidak terkaget-kaget karena kita sudah siap,”ujar Dewi.

 

Dengan begitu, tunggu apa lagi. Mari sukseskan Indonesia Quality Expo Tahun 2013! (dnw/awg)  




­