Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

Kunjungan Duta Besar RI untuk WTO ke BSN

  • Kamis, 24 April 2008
  • 1565 kali
 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) mendapat kunjungan Duta Besar Republik Indonesia untuk WTO, Gusmardi Bustami, pada 24 April 2008. Dalam kunjungan tersebut, Gusmardi Bustami melakukan dialog dengan Kepala BSN, Dr. Bambang Setiadi, serta para pejabat di BSN tentang peranan standardisasi dalam perdagangan internasional.


Dalam dialog tersebut, Dubes RI menyampaikan bahwa standardisasi memegang peranan yang strategis di masa depan. Tarif atas produk-produk yang masuk ke dalam negeri, berdasarkan kesepakatan di WTO akan semakin dikurangi. Sehingga standardisasi atas produk barang dan jasa merupakan pertahanan terakhir dalam menghadapi serbuan produk-produk luar negeri. Hal ini untuk melindungi konsumen kita dari produk-produk yang dapat membahayakan.


Selain itu, Dubes RI memberikan apresiasi atas peran aktif BSN dalam forum-forum Technical Barrier to Trade (TBT) WTO. Sebagai National Enquiry Point, BSN perlu terus membina koordinasi dan kerjasama dengan departemen teknis serta stakeholders dalam pengembangan standardisasi di Indonesia dan perlu membangun desk informasi terkait berkembang standar yang dinotifikasi di WTO kepada para stakeholders  dan pihak yang berkepenting serta masyarakat luas.  (arf)