Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

SIARAN PERS Pemerintah Deklarasikan GENAP SNI, Canangkan Kembali

  • Selasa, 09 November 2010
  • 3372 kali

S I A R A N   P E R S

PEMERINTAH DEKLARASI GERAKAN PENERAPAN (GENAP) SNI
CANANGKAN KEMBALI BULAN MUTU NASIONAL,
DAN PENGANURAHAN SNI AWARD 2010


Tahun ini, pemerintah kembali mencanangkan Bulan Mutu dan Produktifitas Nasional. Pencanangan kembali ini dianggap penting sebagai antisipasi terhadap masalah dan strategi-strategi baru untuk mencapai tujuan pentingnya mutu dan produktifitas bagi ekonomi dan bangsa Indonesia
Bulan Mutu dan Produktivitas Nasional merupakan upaya untuk mewujudkan peningkatan standardisasi produk nasional agar dapat menembus dan bersaing di pasar dunia. Oleh karena itu, penggunaan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai salah satu barometer jati diri bangsa Indonesia harus menjadi perhatian utama bagi para pemangku kepentingan di bidang standardisasi.

Dengan semakin terbukanya pasar dunia akibat globalisasi, maka peran standar dan penilaian kesesuaian menjadi semakin penting untuk memfasilitasi perdaganagan barang dan atau jasa antar negara, baik di tingkat bilateral, regional maupun secara internasional. Terkait dengan hal tersebut, Indonesia dituntut untuk senantiasa meningkatkan mutu produk domestiknya dan meningkatkan infrastruktur teknis terkait standar dan penilaian kesesuaian sehingga dapat memfasilitasi perdagangan domestik maupun pasar internasional.

Beranjak dari pemikiran tersebut pula, pemerintah menunjuk BSN untuk menjalankan sebuah program dalam rangka mengantisipasi diberlakukannya berbagai perjanjian perdagangan internasional dan regional  dengan negara lain seperti perjanjian antara Indonesia dengan China/ACFTA yaitu sebagai koordinator  pelaksanaan “Gerakan Nasional Penerapan Standar Nasional Indonesia (GENAP SNI)”. Gerakan ini merupakan sebuah ajakan kepada para stakeholder untuk memperkuat daya saing dan memperluas penerapan SNI serta memberikan edukasi dan menumbuhkan budaya mutu dengan mengutamakan standar agar masyarakat mencintai dan bangga dengan produk dalam negeri.

Dengan ditandai peluncuran buku “SNI Penguat Daya Saing Bangsa” dan berbagai kegiatan dan Seminar Nasional Standardisasi dengan melibatkan berbagai pihak diantaranya perguruan tinggi. Pengembangan standardisasi di Perguruan Tinggi sangatlah penting sebagai upaya untuk mengembangkan pemahaman tentang pentingnya standar, dan pengembangan riset melalui laboratorium di Perguruan Tinggi guna memberikan pelayanan kepada pelaku usaha yang menerapkan standar.

Acara diawali dengan Deklarasi Gerakan Penerapan (GENAP) SNI  oleh Wakil Presiden RI, Bapak Prof. Dr. Budiono  dan mengundang Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Riset dan Teknologi, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral di Istana Wapres Selasa (09/11/2010). Oleh karena itu pada saat yang sama Wakil Presiden juga mencanangkan kembali bulan November sebagai Bulan Mutu Nsional  serta  menganugerahkan SNI AWARD 2010 kepada Industri yang Menerapkan SNI.

Peringatan Bulan Mutu Nasional dan Hari Standar Dunia 2010 selanjutnya akan dilaksanakan BSN di Balai Kartini sampai dengan tanggal 11 November 2010 dengan menggelar Seminar Nasional dan Workshop yang terkait dengan 11 sektor yang menjadi fokus GENAP SNI, Pertemuan dan Presentasi Ilmiah Standardisasi, Temu MASTAN dan  Pameran Digital Library Standardisasi.

Wakil Presiden Budiono memberikan apresiasinya dengan semangat Deklarasi Genap SNI bulan Mutu Nasional yang dicanangkan kembali hari ini, pembangunan bidang ekonomi di Indonesia yang diantaranya mencakup kegiatan standardisasi, harus benar-benar bisa berpihak dan mengarah langsung kepada sektor UMKM.

Sebagai kegiatan yang berskala nasional, kegiatan Bulan Mutu diharapkan dapat digunakan sebagai wahana komunikasi para stakeholder standardisasi dalam rangka pengembangan standardisasi nasional serta untuk menginformasikan berbagai perkembangan standardisasi dan penilaian kesesuaian. Kegiatan ini dipusatkan di Balai Kartini, Jakarta yang diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 11 November 2010. (Humas)