Badan Standardisasi Nasional
  • A
  • A

STANDARISASI BERKONTRIBUSI PADA PERTUMBUHAN EKONOMI

  • Rabu, 10 Juni 2009
  • 4074 kali
Kliping berita :

Standarisasi terbukti mampu berkontribusi pada pertumbuhan berbagai sektor ekonomi di sebuah negara.

Jakarta, 9/6 (Roll News) - Standarisasi terbukti mampu berkontribusi pada pertumbuhan berbagai sektor ekonomi di sebuah negara.

Kepala Badan Standarisasi Nasional, Bambang Setiadi, pada seminar "Impact of Standadization on Economic" di Jakarta, Selasa, mengatakan, manfaat standarisasi tersebut telah terbukti dengan penelitian yang dilakukan Deutsche Normung Institution (DIN) dari Jerman.

Penelitian sejak tahun 2004, ujar dia, menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan standarisasi di Jerman menyumbang satu persen pertumbuhan ekonomi.

Sementara penelitian tahun 2005 yang dilakukan oleh para ahli dari Departemen Perindustrian dan Perdagangan Inggris menunjukan standarisasi menyumbang 13 persen pertumbuhan produktivitas tenaga kerja dan ekonomi, yakni sebesar 2,5 juta pounsterling.

Ia mengatakan hasil penelitian di Jerman dan Inggris tersebut menunjukan jika semua pihak yang terlibat dalam kegiatan standarisasi memiliki persepsi sama pada kebutuhan untuk mempelajari secara dalam tentang bagaimana formulasi tersebut dapat menjadi model guna menghitung nilai kontribusi standarisasi terhadap ekonomi baik di negara berkembang di kawasan ASEAN dan Afrika.

BSN sendiri, lanjut Bambang, telah melakukan penelitian terhadap dampak ekonomi penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI). Penelitian dilakukan oleh peneliti BSN pada lima produk, yakni air minum dalam kemasan, garam beryodium, minyak goreng, pupuk SP 36, dan pupuk HCL.

Menurut dia, hasilnya tidak berbeda dengan apa yang dilakukan Jerman dan Inggris, dimana produsen Indonesia mendapat dampak positif terhadap nilai ekonomi.

Penelitian tersebut, ungkap Bambang, dilakukan berdasarkan nilai tambah dari penerapan SNI, biaya sertifikasi dan pengujian serta penolakan atas produk impor yang tidak ber-SNI.

Seminar sendiri menghadirkan pembicara diantaranya President International Organization for Standardization (ISO) Alan Morrison dan President Deutsche Normung Institution (DIN) Trosten Bahke.

Sumber :
http://www.news.id.finroll.com/ekonomiakeuangan/67293-____standarisasi-berkontribusi-pada-pertumbuhan-ekonomi____.html
Selasa, 9 Juni 2009